Penerapan Teknik Storyboard Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Siswa Kelas Sembilan SMP Negeri 5 Sigi

PUTRI NABILAH (2025) Penerapan Teknik Storyboard Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Siswa Kelas Sembilan SMP Negeri 5 Sigi. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.

Full text not available from this repository.

Abstract

Putri Nabilah (A12120066), Pemanfaatan Instagram untuk Meningkatkan

Keterampilan Menulis Siswa Kelas X SMA Negeri 4 Sigi, Skripsi, Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris, Jurusan Pendidikan Bahasa dan Seni, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako, di bawah bimbingan Rofiqoh dan Andi Patmasari.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan teknik Storyboard dalam meningkatkan kemampuan menulis siswa kelas IX SMP Negeri 5 Sigi. Masalah dalam penelitian ini adalah siswa sering merasa kesulitan dalam menemukan ide dan mengembangkan cerita, serta sering merasa bosan dan tidak tertarik dengan kegiatan menulis. Penelitian ini menggunakan desain penelitian kuasi eksperimen dengan rancangan pretest-posttest control group design. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas XI yang terdiri dari dua kelas, yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling. Instrumen penelitian yang digunakan adalah pre-test dan post-test. Nilai rata-rata kelompok eksperimen pada pre-test adalah 42 dan kelompok kontrol 44,16. Selanjutnya, nilai rata-rata kelompok eksperimen pada post-test adalah 67,83 dan kelompok kontrol adalah 58,16. Analisis dengan menggunakan derajat kebebasan (df) 46 pada taraf signifikansi 0,05 menunjukkan bahwa nilai t- hitung (2,006) lebih besar daripada nilai t-tabel (1,678). Hasil analisis data menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara kemampuan menulis siswa yang diajar dengan menggunakan teknik Storyboard dengan siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran konvensional. Hasil penelitian ini memiliki implikasi yang signifikan bagi dunia pendidikan, khususnya dalam pembelajaran bahasa Inggris. Guru dapat mempertimbangkan untuk menerapkan model pembelajaran dengan menggunakan teknik Storyboard tidak hanya dalam pembelajaran bahasa Inggris untuk meningkatkan kemampuan menulis siswa.

Kata Kunci: storyboarding tehnik, meningkatkan, kemampuan menulis

Item Type: Thesis (Sarjana)
Commentary on: Eprints 0 not found.
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris
Library of Congress Subject Areas > L Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris
SWORD Depositor: Users 0 not found.
Depositing User: Users 0 not found.
Date Deposited: 22 Jan 2025 07:16
Last Modified: 06 Feb 2025 07:14
URI: https://repository.untad.ac.id/id/eprint/123933
Baca Full Text: Baca Sekarang

Actions (login required)

View Item
View Item