Pengajaran Paragraf Deskriptif Dengan Menggunakan Teknik Daftar Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Siswa Kelas Delapan SMP Labschool Untad Palu

DIANSA FITRI FREDRIK (2020) Pengajaran Paragraf Deskriptif Dengan Menggunakan Teknik Daftar Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Siswa Kelas Delapan SMP Labschool Untad Palu. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK


Diansa Fitri Fredrik (A 121 15 005). Pengajaran Paragraf Deskriptif dengan Menggunakan Teknik Daftar untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Siswa Kelas Delapan SMP Labschool Untad Palu. Skripsi. Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris, Jurusan Pendidikan Bahasa dan Seni, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako, Dibawah bimbingan Hasan Basri.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penggunaan teknik daftar dalam mengajar paragraf deskriptif meningkatkan keterampilan menulis siswa kelas delapan SMP Labschool Untad Palu. Penelitian ini menggunakan desain penelitian eksperimen semu. Sampel penelitian adalah VIII A sebagai kelas eksperimen dan VIII D sebagai kelas kontrol. Dalam mengumpulkan data, tes dipilih sebagai instrumen. Prates diberikan di awal penelitian pada kedua kelas. Setelah itu, hanya kelas eksperimen yang diajar menggunakan teknik daftar selama enam pertemuan. Selain itu, pascates diberikan untuk kedua kelas. Data yang dikumpulkan dianalisis secara statistik. Hasil analisis data menunjukkan bahwa skor rata-rata untuk kedua tes pada kelas eksperimen meningkat secara signifikan dari 36,27 menjadi 78,43. Sementara itu, skor rata-rata kelas kontrol meningkat dari 37,04 menjadi 52,78. Dengan menerapkan derajat kebenaran (dk) 33 dan tingkat signifikansi 0,05, ini menunjukkan bahwa hitung-t (5,70) lebih tinggi dari tabel-t (2,03), yang menunjukkan bahwa hipotesis penelitian diterima. Secara singkat, hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa penerapan teknik daftar dapat meningkatkan keterampilan menulis siswa kelas delapan SMP Labschool Untad Palu dalam menulis paragrap deskriptif.


Kata kunci: Paragrap Deskriptif, Peningkatan, Teknik Daftar

Item Type: Thesis (Sarjana)
Commentary on: Eprints 0 not found.
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris
Library of Congress Subject Areas > L Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris
SWORD Depositor: Users 0 not found.
Depositing User: Users 0 not found.
Date Deposited: 22 Jan 2025 07:16
Last Modified: 06 Feb 2025 07:14
URI: https://repository.untad.ac.id/id/eprint/124008
Baca Full Text: Baca Sekarang

Actions (login required)

View Item
View Item