PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) DAN MOTIVASI TERHADAP HASIL BELAJAR PKn SISWA DI SMP NEGERI 10 PALU

DJAYA MANDIRI (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) DAN MOTIVASI TERHADAP HASIL BELAJAR PKn SISWA DI SMP NEGERI 10 PALU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_master' not defined] thesis, Universitas Tadulako.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK
Djaya Mandiri, 2018. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Terhadap Motivasi Belajar dan Hasil Belajar PKn di SMP Negeri 10 Palu. Dosen Pembimbing (1) Dahlia Syuaib dan (2) Jamaluddin.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui : (1) perbedaan hasil belajar antara siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran think pair share (TPS) dengan siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran konvensional; (2) perbedaan hasil belajar antara siswa motivasi tinggi pada model pembelajaran think pair share (TPS) dengan siswa motivasi tinggi pada model pembelajaran konvensional; (3) perbedaan hasil belajar antara siswa motivasi rendah pada model pembelajaran think pair share (TPS) dengan siswa motivasi rendah pada model pembelajaran konvensional. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VIII A dengan jumlah 28 siswa sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas VIII D dengan jumlah 28 siswa sebagai kelas kontrol. Desain penelitian bentuk quasi eksperiment 2 x 2. Variabel perlakuan adalah model pembelajaran dan variabel atribut adalah motivasi belajar, sedangkan variabel terikat adalah hasil belajar PKn. Pengujian hipotesis menggunakan ANAVA dua jalur dengan sel tak sama untuk taraf signifikansi 5%. Hasil analisis perbedaan hasil belajar antara kelas think pair share (TPS) dan konvensional dibuktikan dengan nilai uji statistik dimana Fhitung = 7.084 dan Ftabel = 5.79 atau H0 ditolak artinya terdapat perbedaan hasil belajar antara kelas think pair share (TPS) dan konvensional. Nilai uji statistik dimana Fhitung = 25.27 dan Ftabel = 5.79 atau H0 ditolak artinya terdapat perbedaan antara siswa yang memiliki motivasi belajar tinggi dengan siswa yang memiliki motivasi belajar rendah.

Kata kunci: Model Pembelajaran, Motivasi, Hasil Belajar.

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_master' not defined])
Commentary on: Eprints 0 not found.
Divisions: Pascasarjana > Magister Pendidikan IPS
SWORD Depositor: Users 0 not found.
Depositing User: Users 0 not found.
Date Deposited: 22 Jan 2025 07:16
Last Modified: 06 Feb 2025 07:14
URI: https://repository.untad.ac.id/id/eprint/124099
Baca Full Text: Baca Sekarang

Actions (login required)

View Item
View Item