PENGARUH PEMBELAJARAN BERBANTUAN VIDEO ALAT SAINS SEDERHANA DAN VIDEO PHET TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA DI MTS NEGERI 2 KOTA PALU

LISNA DEWI (2021) PENGARUH PEMBELAJARAN BERBANTUAN VIDEO ALAT SAINS SEDERHANA DAN VIDEO PHET TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA DI MTS NEGERI 2 KOTA PALU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_master' not defined] thesis, Universitas Tadulako.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK

Lisna Dewi, 2021. “Pengaruh Pembelajaran Berbantuan Video Alat Sains Sederhana Dan video Phet Terhadap Hasil Belajar Fisika Di MTs Negeri 2 Kota Palu”. Tesis, Program Studi Pendidikan Sains Program Magister, Pasca Sarjana Universitas Tadulako. Ketua Tim Pembimbing I Komang Werdhiana , Anggota Tim Pembimbing Sahrul Saehana.

Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh pembelajaran berbantuan video alat sains sederhana dan video PhET terhadap hasil belajar fisika. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen. Sampel penelitian adalah peserta didik kelas IX pada MTs Negeri 2 Kota Palu.Untuk kelas IXB (kelas kontrol) sejumlah
30 peserta didik yang terdiri dari 12 laki-laki dan 18 perempuan. Untuk kelas IXE
(kelas eksperimen) sejumlah 30 peserta didik yang terdiri 10 laki-laki dan 20 perempuan.Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Instrumen yang digunakan adalah RPP, tes kemampuan awal (pre-test), tes kemampuan akhir (post-test), video, dan LKPD. Hasil penelitian ini menjelaskan terdapat pengaruh pembelajaran berbantuan video alat sains sederhana dan video PhET terhadap hasil belajar fisika di Mts Negeri 2 Kota Palu. Ditunjukkan dengan hasil analisis inferensial diperoleh dengan menggunakan pengujian hipotesis
Mann-Whitney U-Test dengan hasil asym.sig. (2-tailed) sebesar 0,000<0,05.

Kata kunci: Video, Alat Sains sederhana, PhET, Hasil

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_master' not defined])
Commentary on: Eprints 0 not found.
Divisions: Pascasarjana > Magister Pendidikan Sains
SWORD Depositor: Users 0 not found.
Depositing User: Users 0 not found.
Date Deposited: 22 Jan 2025 07:16
Last Modified: 06 Feb 2025 07:14
URI: https://repository.untad.ac.id/id/eprint/124104
Baca Full Text: Baca Sekarang

Actions (login required)

View Item
View Item