PENGARUH PENERAPAN PENDEKATAN KETERAMPILAN PROSES SAINS TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP BIOLOGI PADA SMA NEGERI 5 PALU

IRMAWATI (2020) PENGARUH PENERAPAN PENDEKATAN KETERAMPILAN PROSES SAINS TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP BIOLOGI PADA SMA NEGERI 5 PALU. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK
Irma Wati, 2019. Pengaruh Penerapan Pendekatan Keterampilan Proses Sains terhadap Pemahaman Konsep Biologi pada Siswa SMA Negeri 5 Palu. Skripsi. Program Studi Pendidikan Biologi, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing Mohammad Jamhari
Kata Kunci: Penerapan pendekatan keterampilan proses sains, pemahaman konsep biologi
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan ada tidaknya pengaruh penerapan pendekatan keterampilan proses sains terhadap pemahaman konsep Biologi pada siswa SMA Negeri 5 Palu. Untuk melihat keberhasilan dari penelitian ini, diadakan test awal untuk mengetahui kemampuan siswa pada kelas eksperimen dan kelas kontrol pada materi sistem ekskresi. Setelah itu pada kelas eksperimen diberi perlakuan dengan menggunakan pendekatan keterampilan proses sains dan kelas kontrol menggunakan model pembelajaran konvensional (Direct Intruction). Setelah pembelajaran selesai, kedua kelas kembali diberikan test akhir untuk menguji hasilnya. Berdasarkan hasil dari kedua kelas, diperoleh nilai rata-rata dari kelas eksperimen dan kelas kontrol berturut-turut adalah 5,5 dan 6,56 untuk test awal, sedangkan untuk test akhir rata-ratanya adalah 6,34 dan 6,81. Dari hasil analisis data tes akhir yang ada diperoleh nilai ttable 0,40 sedangkan nilai thitung 0,57. Sehingga nilai thitung berada diluar daerah penerimaan Ho, dengan demikian Ho ditolak dan H1 diterima dengan kata lain pemahaman konsep Biologi kelompok siswa yang mendapatkan perlakuan dengan pendekatan keterampilan proses sains pada taraf nyata berbeda secara signifikan dengan kelompok siswa yang mendapatkan perlakuan dengan model pembelajaran konvensional (Direct Intruction), sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penerapan pendekatan keterampilan proses sains terhadap pemahaman konsep Biologi pada siswa SMA Negeri 5 Palu.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Commentary on: Eprints 0 not found.
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Library of Congress Subject Areas > L Pendidikan > Pendidikan Biologi
SWORD Depositor: Users 0 not found.
Depositing User: Users 0 not found.
Date Deposited: 22 Jan 2025 07:16
Last Modified: 06 Feb 2025 07:14
URI: https://repository.untad.ac.id/id/eprint/124107
Baca Full Text: Baca Sekarang

Actions (login required)

View Item
View Item