PENGARUH ALAT PERMAINAN EDUKATIF TERHADAP PERKEMBANGAN MOTORIK HALUS ANAK DI KELOMPOK B TK NURUL YAQIN PALU

SRI WAHYUNI (2022) PENGARUH ALAT PERMAINAN EDUKATIF TERHADAP PERKEMBANGAN MOTORIK HALUS ANAK DI KELOMPOK B TK NURUL YAQIN PALU. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.

Full text not available from this repository.

Abstract

Sri Wahyuni, (2022). Pengaruh alat permainan edukatif terhadap perkembangan motorik halus anak di kelompok B TK Nurul Yaqin Palu. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Jurusan Ilmu Pendidikan Universitas Tadulako. Pembimbing (I) Fitriana (II) Amrullah.

Permasalahan pokok dalam penelitian ini adalah bagaimana tingkat perkembangan motorik halus anak sebelum dan sesudah dilakukan Pemberian alat permainan edukatif, apakah ada pengaruh alat permainan edukatif terhadap motorik halus anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat perkembangan motorik halus anak sebelum dan sesudah dilakukan pemberian alat permainan edukatif dan untuk mengetahui pengaruh alat permainan edukatif terhadap motorik halus anak di kelompok B TK Nurul Yaqin Palu. Metode penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif mengamati dan melakukan kajian terhadap anak usia dini. Adapun subyek penelitian ini adalah seluruh anak dikelompok B TK Nurul Yaqin Palu yang berjumlah 14 orang anak. Teknik pengumpulan data yang di gunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi, data di analisis dengan menggunakan rumus persentasi. Hasil penelitian motorik halus anak sebelum perlakuan Kelenturan Tangan Dalam Menempel Gambar BSB (7%) anak, BSH (7%) anak, MB (7%) anak, BB (79%) anak, Ketepatan Dalam Menyusun Puzzle BSB (7%) anak, BSH (14%) anak, MB (7%) anak, BB (72%) anak, Kecepatan Mengisi Kolase BSB (21%) anak, BSH (42%) anak, MB (21%) anak, BB (14%) anak. Dan sesudah menggunakan alat permainan edukatif sangat meningkat, Kelenturan Tangan dalam Menempel Gambar BSB (21%) anak, BSH (35%) anak, MB (28%) anak, BB (14%) anak. Ketepatan dalam Menyusun Puzzle BSB (14%) anak, BSH (28%) anak, MB (35%) anak, BB (21%) anak,, Kecepatan Mengisi Kolase BSB (21%) anak, BSH (42%) anak, MB (21%) anak, BB (14%) anak. Rata-rata ketiga aspek yang diamati sebelum perlakuan kategori (BSB), (BSH) dan (MB) 27%, sesudah perlakuan 83% kategori (BSB), (BSH) dan (MB). Dapat disimpulkan ada pengaruh permainan edukatif terhadap kemampuan motorik halus anak di Kelompok B TK Nurul Yaqin Palu. Terbukti ada peningkatan 56%.

Kata Kunci: Alat Permainan Edukatif, Motorik Halus

Item Type: Thesis (Sarjana)
Commentary on: Eprints 0 not found.
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
SWORD Depositor: Users 0 not found.
Depositing User: Users 0 not found.
Date Deposited: 22 Jan 2025 07:16
Last Modified: 06 Feb 2025 07:14
URI: https://repository.untad.ac.id/id/eprint/124210
Baca Full Text: Baca Sekarang

Actions (login required)

View Item
View Item