PENGARUH BIMBINGAN BELAJAR DI RUMAH TERHADAP HASIL BELAJAR SEJARAH, SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 SINDUE

WAHYU SAPUTRA (2022) PENGARUH BIMBINGAN BELAJAR DI RUMAH TERHADAP HASIL BELAJAR SEJARAH, SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 SINDUE. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK
Wahyu Saputra, 2022. Pengaruh Bimbingan Belajar di Rumah Terhadap Hasil
Belajar Sejarah, Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Sindue. Skripsi, Program Studi
Pendidikan Sejarah, Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas
Keguruan dan Ilmu Pendidkan, Universitas Tadulako. Suyuti.
Permasalahan dalam penelitian ini yaitu : (1) Apakah ada pengaruh
bimbingan belajar di rumah terhadap hasil belajar sejarah siswa kelas XI SMA
Negeri 1 Sindue? Tujuan penelitian ini yaitu : (1) Untuk menjelaskan Apakah ada
pengaruh bimbingan belajar di rumah terhadap hasil belajar sejarah siswa kelas XI
SMA Negeri 1 Sindue. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian
lapangan, dan termaksud dalam penelitian kuantitatif korelasional yang bertujuan
untuk mengetahui ada tidaknya penggaruh antara dua variabel. Hasil kuantitatif
adalah hasil yang dinyatakan dengan angka. Hasil penelitian ini menunjukan
bahwa, sesuai dengan analisis inferensial korelasi, maka hasil dari keofisien
korelasi berada pada kategori 0,60-799 (kuat). Hal ini menunjukan bahwa
besarnya pengaruh bimbingan belajar terhadap hasil belajar sejarah pada siswa di
kelas XI IPS SMA Negeri 1 Sindue adalah 0,667. Untuk mengetahui apakah hasil
yang diperoleh dari koefisien korelasi memiliki arti atau tidak maka dilakukan uji
hipotesis. Setelah melakukan uji hipotesis diketahui t hitung lebih besar dari ttabel
atau thitung 4.983> ttabel 2,452 Sesuai dengan kriteria pengujian hipotesis pada bab
3 maka, Ha diterima (ada pengaruh) dan HO ditolak (tidak ada pengaruh). Jadi
dalam penelitian ini terdapat pengaruh antara bimbingan belajar dan hasil belajar
siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Sindue. Jadi, semakin tinggi bimbingan belajar
maka semakin tinggi pula hasil belajar yang di peroleh.
Kata Kunci : Bimbingan Belajar; Hasil Belajar.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Commentary on: Eprints 0 not found.
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Sejarah
Library of Congress Subject Areas > L Pendidikan > Pendidikan Sejarah
SWORD Depositor: Users 0 not found.
Depositing User: Users 0 not found.
Date Deposited: 22 Jan 2025 07:16
Last Modified: 06 Feb 2025 07:14
URI: https://repository.untad.ac.id/id/eprint/124632
Baca Full Text: Baca Sekarang

Actions (login required)

View Item
View Item