PENGARUH CERIA TERHADAP MOTORIK KASAR ANAK DI KELOMPOK B TK KARYA THAYYIBAH WOMBO III KECAMATAN TANANTOVEA KABUPATEN DONGGALA

SRI WAHYUNI (2020) PENGARUH CERIA TERHADAP MOTORIK KASAR ANAK DI KELOMPOK B TK KARYA THAYYIBAH WOMBO III KECAMATAN TANANTOVEA KABUPATEN DONGGALA. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.

Full text not available from this repository.

Abstract

Masalah dalam penelitian dibawah ini adalah bagaimana pengembagan
motorik asar anak.melalui senam ceria. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui
pengembangan motorik kaa anak di tk karya thayyibah.jeni penelitian ini dekriptif
kualitatif. Adapun subjek anak kelompok B yang berjumlh 16 orang anak,
teriri dari 9 anak perempuan dan 7 anak laki-laki. Data dikumpulkan melalui
lembar observasi, doumentasi, dan wawancara. Selanjutnya dianalisi secara
kua.litatif. Hasil penelitian ini ada 3 aspek motorik kasar anak yang diamati yakni
aspek kemampuan melompat,kelenturan dan melmpar. Dilihat dari hasil
pengamatan minggu pertama, terdapat anak 6,25% yg masuk dalam kategori
berkembang sangat baik (BSB), 18,75% yang masuk dalam berkembag sesuai
harapan(BSH), 25% yang masuk dalam kategori mulai berkembang(MB), dan 50
% yang masuk dalam kategori belum berkembang (BB). Selanjutnya, dalam,
pengamatan minggu ke enam terdapat 75% yang masu dalam kategori
berkembang sangat baik(BSB), 12,5% yang masuk dalam kategori berkembang
sesuai harapan (BSH), 6,25% yang masu dalam kategori mulai berkembang
(MB), dan ada 6,25% yang masuk dalam kategori belum berkembang (BB).
Dengan demikian, dapat disimpula bahwa, penerapan senam Ceria dapat
mengembangkan motorik kasar anak.
Kata kunci : senam ceria,motorik kasar

Item Type: Thesis (Sarjana)
Commentary on: Eprints 0 not found.
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
SWORD Depositor: Users 0 not found.
Depositing User: Users 0 not found.
Date Deposited: 22 Jan 2025 07:16
Last Modified: 06 Feb 2025 07:14
URI: https://repository.untad.ac.id/id/eprint/124759
Baca Full Text: Baca Sekarang

Actions (login required)

View Item
View Item