PENGARUH E-BUSINESS STRATEGY DAN TECHNOLOGY CAPABILITY DALAM KEUNGGULAN KOMPETITIF UNTUK PENINGKATAN KINERJA UMKM DI KOTA PALU

ANDI AZIZAH CAMA (2023) PENGARUH E-BUSINESS STRATEGY DAN TECHNOLOGY CAPABILITY DALAM KEUNGGULAN KOMPETITIF UNTUK PENINGKATAN KINERJA UMKM DI KOTA PALU. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.

Full text not available from this repository.

Abstract

Andi Azizah Cama, C301 20 059. “Pengaruh E-Business Strategy dan Technology Capability Dalam Keunggulan Kompetitif Untuk Peningkatan Kinerja UMKM Di Kota Palu”. Dibimbing oleh Dr. E. Femilia Zahra, SE, M.Sc selaku dosen pembimbing.

Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan memverifikasi teori terdahulu terkait pengaruh e-business strategy dan technology capability dalam keunggulan kompetitif untuk peningkatan kinerja UMKM di Kota Palu baik secara parsial maupun melalui mediasi. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian asosiatif dan penelitian inferensial dengan pendekatan kuantitatif. Pengumpulan data penelitian ini menggunakan metode survey dengan kuesioner sebagai instrumen pengumpulan data primer. Kuesioner penelitian disebarkan secara langsung (offline) maupun online kepada pelaku UMKM di Kecamatan Palu Barat, Kota Palu. Proses analisis data menggunakan metode analisis deskriptif untuk memberikan deskriptif pada setiap variabel dan mengadopsi Partial Least Square (PLS) dengan bantuan software SmartPLS versi 3 untuk menguji hipotesis. Hasil penelitian dan pengujian secara parsial menunjukkan bahwa tidak terdapat pengaruh signifikan e-business strategy terhadap kinerja UMKM di Kota Palu, tetapi terdapat pengaruh signifikan e-business strategy terhadap keunggulan kompetitif UMKM Kota Palu, lalu terdapat pengaruh signifikan technology capability terhadap keunggulan kompetitif maupun kinerja UMKM di Kota Palu. Sedangkan hasil pengujian efek mediasi menunjukkan pengaruh e-business strategy terhadap kinerja UMKM di Kota Palu melalui keunggulan kompetitif sebagai mediasi full dan pengaruh technology capability terhadap kinerja UMKM di Kota Palu melalui keunggulan kompetitif sebagai mediasi parsial.

Kata Kunci: E-Business Strategy, Keunggulan Kompetitif, Kinerja UMKM, Technology Capability

Item Type: Thesis (Sarjana)
Commentary on: Eprints 0 not found.
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi Akuntansi
SWORD Depositor: Users 0 not found.
Depositing User: Users 0 not found.
Date Deposited: 22 Jan 2025 07:16
Last Modified: 06 Feb 2025 07:14
URI: https://repository.untad.ac.id/id/eprint/125062
Baca Full Text: Baca Sekarang

Actions (login required)

View Item
View Item