PENGARUH ECONOMIC VALUE ADDED (EVA), MARKET VALUE ADDED (MVA) DAN RETURN ON INVESTMENT (ROI) TERHADAP RETURN SAHAM PERUSAHAAN RETAIL DI BURSA EFEK INDONESIA (BEI)

AUDIA MILENI INDRA LESTARI (2024) PENGARUH ECONOMIC VALUE ADDED (EVA), MARKET VALUE ADDED (MVA) DAN RETURN ON INVESTMENT (ROI) TERHADAP RETURN SAHAM PERUSAHAAN RETAIL DI BURSA EFEK INDONESIA (BEI). Sarjana thesis, Universitas Tadulako.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK

Audia Mileni Indra Lestari, C 201 20 061. “Pengaruh Economic Value Added (EVA), Market Value Added (MVA) dan Return On Investment (ROI) Terhadap Return Saham Pada Perusahaan Retail Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia (BEI)”. Dibimbing oleh Vitayanti Fattah

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh variabel Economic Value Added (EVA), Market Value Added (MVA) dan Return On Investment (ROI) secara simultan dan parsial terhadap Return Saham pada perusahaan retail yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Penelitian ini merupakan penelitian yang deksriptif yang bersifat kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 7 perusahaan pada perusahaan retail sektor supermarket & minimarket dan retail sektor department store yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia dengan periode penelitian selama 5 tahun mulai tahun 2018 hingga 2022. Metode penelitian ini menggunakan regresi data panel dengan model Random Effect Model. Hasil Penelitian menunjukkan variabel Economic Value Added (EVA), Market Value Added (MVA) dan Return On Investment (ROI) secara simultan memiliki pengaruh yang signifikan terhadap Return Saham dengan nilai Adjusted R-squared sebesar 0.054880 artinya bahwa variabel Economic Value Added (EVA), Market Value Added (MVA) dan Return On Investment (ROI) mampu menerangkan variabel Retrun Saham sebesar 5,4% sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak termasuk dalam model penelitian. Secara parsial variabel Ecconomic Value Added (EVA) dan Return On Investment (ROI) tidak berpengaruh signifikan dengan terhadap return saham, sedangkan Market Value Added (MVA) berpengaruh parsial signifikan terhadap return saham pada perusahaan retail yang terdaftar di bursa efek Indonesia periode 2018-2022.
Kata kunci: Economic Value Added (EVA), Market Value Added (MVA), Return On Investment (ROI), Return Saham, Perusahaan retail.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Commentary on: Eprints 0 not found.
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi Manajemen
SWORD Depositor: Users 0 not found.
Depositing User: Users 0 not found.
Date Deposited: 22 Jan 2025 07:16
Last Modified: 06 Feb 2025 07:14
URI: https://repository.untad.ac.id/id/eprint/125065
Baca Full Text: Baca Sekarang

Actions (login required)

View Item
View Item