PENGARUH E-MODUL MITIGASI BENCANA BERBASIS FLIPBOOK TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI KEBENCANAAN DI SMA NEGERI TORUE

FADILA (2025) PENGARUH E-MODUL MITIGASI BENCANA BERBASIS FLIPBOOK TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI KEBENCANAAN DI SMA NEGERI TORUE. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.

Full text not available from this repository.

Abstract

Fadilah, A35118091. Pengaruh E-Modul Mitigasi Bencana Berbasis Flipbook
Terhadap Kemampuan Literasi Kebencanaan pada Pelajaran Geografi di SMA
Negeri 1 Torue. Skripsi. Pembimbing Zumrotin Nisa. S.Pd.,M.Pd

Adapun yang menjadi permasalahan dalam penelitian ini adalah Tingkat
pemahaman siswa kelas XI IPS SMA Negeri Torue, Kab.Parigi Mautong, terkait
literasi kebencaan masih tergolong rendah karna kurangnya media belajar siswa,
kegiatan literasi siswa biasanya dilakukan hanya dengan membaca buku,
sementara buku yang mereka gunakan masih bersifat umum, untuk itu solusi
yang tepat untuk menunjang pembelajaran tersebut yaitu menggunakan media
belajar E-modul berbasis flipbook yang memiliki konteks wilayah dengan daerah
yang rawan bencana. penelitian quasi eksperimen dengan pendekatan kuantitatif.
Yang menjadi subjek penelitian adalah siswa kelas XII IPS 1 yang berjumlah 34
siswa. Variabel dalam penelitian yaitu Media E-modul berbasis flipbook disebut
variabel X. yaitu hasil belajar siswa dan respon siswa mengenai E-modul berbasis
flipbook terhadap Kemampuan Literasi Kebencanaan disebut variabel Y. Teknik
pengumpulan data melalui observasi, wawancara, test dan angket. Adapun teknik
analisis data dengan cara uji validitas, Uji reliabilitas, tingkat kesuakaran tes, uji
daya pembeda. Berdasarkan hasil uji hipotesis data hasil pretest dan posttest
siswa SMA Negeri 1 Torue pada pembelajaran geografi dengan menggunakan E-
Modul berbasis Flipbook, apabila nilai sig (2 Tailed) < 0> 0,05 maka tidak terdapat perbedaan pada
hasil pretest dan posttest. Dengan demikian berdasarkan hasil dari olah SPSS
diketahui nilai signifikansi (sig) 2 tailed sebesar 0,000 &lt; 0,05 data pada kolom
Equal variances assumed, sehingga hasilnya terdapat perbedaan yang signifikan.

Kata kunci : E-modul, mitigasi bencana berbasis flipbook, kemampuan literasi
kebencanaan pada pelajaran geografi

Item Type: Thesis (Sarjana)
Commentary on: Eprints 0 not found.
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Geografi
Library of Congress Subject Areas > L Pendidikan > Pendidikan Geografi
SWORD Depositor: Users 0 not found.
Depositing User: Users 0 not found.
Date Deposited: 22 Jan 2025 07:16
Last Modified: 06 Feb 2025 07:14
URI: https://repository.untad.ac.id/id/eprint/125179
Baca Full Text: Baca Sekarang

Actions (login required)

View Item
View Item