HIKMA (2025) Pengaruh Gaya Belajar Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa SMPN 1 Pasangkayu. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.
Full text not available from this repository.Abstract
Hikma, 2024. “Pengaruh Gaya Belajar Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa SMPN
1 Pasangkayuâ€. Skripsi. Program Studi Pendidikan Biologi Jurusan Pendidikan
Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Fakultas Keguruan dan Ilmu
Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing : (1) Lilies dan (2) Vita Indri
Febriani.
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi gaya belajar yang dimiliki
siswa pada pembelajaran IPA di SMPN 1 Pasangkayu dan menentukan pengaruh
gaya belajar terhadap hasil belajar IPA siswa di SMPN 1 Pasangkayu. Penelitian
ini merupakan penelitian yang menggunakan metode kuantitatif. Populasi dalam
penelitian ini adalah seluruh siswa siswi SMPN 1 Pasangkayu yang berjumlah
527 orang. Pengambilan sampel menggunakan teknik random sampling.
Instrumen penelitian yang digunakan adalah angket gaya belajar dan dokumentasi.
Sebelum digunakan angket divalidasi dan diuji reliabilitas, uji hipotesis
menggunakan uji Anova. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa dengan gaya
belajar visual yakni sebanyak 51 siswa atau 38,6%, siswa yang memiliki gaya
belajar auditori sebanyak 53 siswa atau 40,2%, siswa yang memiliki gaya belajar
kinestetik sebanyak 28 siswa atau 21,2%. Hasil uji hipotesis adalah gaya belajar
secara signifikan tidak berpengaruh terhadap hasil belajar siswa SMPN 1
Pasangkayu pada mata pelajaran IPA. Hal ini dibuktikan dengan hasil perhitungan
uji hipotesis (uji Anova) didapatkan nilai Sig sebesar 0,638 > 0,05 yang berarti
bahwa H0 diterima.
Kata kunci : Gaya belajar, Hasil Belajar, SMPN 1 Pasangkayu
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Commentary on: | Eprints 0 not found. |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi Library of Congress Subject Areas > L Pendidikan > Pendidikan Biologi |
SWORD Depositor: | Users 0 not found. |
Depositing User: | Users 0 not found. |
Date Deposited: | 22 Jan 2025 07:16 |
Last Modified: | 06 Feb 2025 07:14 |
URI: | https://repository.untad.ac.id/id/eprint/125368 |
Baca Full Text: | Baca Sekarang |