PENGARUH HARGA DAN LOKASI TERHADAP MINAT BELI DI PASAR RAKYAT SANSARINO

SUSANTI M. LAOGE (2025) PENGARUH HARGA DAN LOKASI TERHADAP MINAT BELI DI PASAR RAKYAT SANSARINO. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.

Full text not available from this repository.

Abstract

Minat beli dapat dipengaruhui berbagai factor, diantaranya harga dan lokasi. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh harga dan lokasi terhadap minat beli di Pasar Rakyat Sansarino. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, berfokus untuk mengetahui hubungan sebab-akibat (kausal) dengan pendekatan cross sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pengunjung pasar rakyat Sansarino, dengan jumlah sampel berjumlah 60 responden dan menggunakan teknik accidental sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya serta dianalisis menggunakan Regresi Linear Berganda. Hasil penelitian didapatkan bahwa rerata variabel harga sebesar 3,44 dan rerata variabel lokasi sebesar 3,42. Secara parsial, harga berpengaruh signifikan terhadap minat beli sedangkan lokasi tidak berpengaruh signifikan terhadap minat beli. Secara simultan, harga dan lokasi memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli di pasar rakyat Sansarino. Nilai adjusted R square sebesar 34,4 % menunjukkan bahwa minat beli dapat dipengaruhi oleh harga sebesar 34,4 %. Upaya yang perlu dilakukan untuk meningkatkan minat beli konsumen di pasar rakyat Sansarino adalah penetapan harga yang sesuai dengan kualitas barang serta pelayanan yang lebih ditingkatkan lagi agar konsumen merasa tertarik berbelanja di pasar rakyat Sansarino.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Commentary on: Eprints 0 not found.
Divisions: Kampus 2 Touna > Ekonomi Manajemen
SWORD Depositor: Users 0 not found.
Depositing User: Users 0 not found.
Date Deposited: 22 Jan 2025 07:16
Last Modified: 06 Feb 2025 07:14
URI: https://repository.untad.ac.id/id/eprint/125520
Baca Full Text: Baca Sekarang

Actions (login required)

View Item
View Item