PENGARUH KEGIATAN FINGER PAINTING TERHADAP KREATIVITAS ANAK DIKELOMPOK B1 PAUD QURROTA A’YUN DUYU KECAMATAN TATANGA PALU

RALNA YUSUF (2023) PENGARUH KEGIATAN FINGER PAINTING TERHADAP KREATIVITAS ANAK DIKELOMPOK B1 PAUD QURROTA A’YUN DUYU KECAMATAN TATANGA PALU. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.

Full text not available from this repository.

Abstract

Ralna Yusuf (2022) “ Pengaruh Kegiatan Finger Painting Terhadap Kreativitas Anak Di Kelompok B1 PAUD Qurrota A’yun Duyu Kecamatan Tatanga Palu. Skripsi program Studi Pendidikan Anak Usia Dini, Jurusan Ilmu Pendidikan, Universita Tadulako. Pembimbing 1: Dr. Andi Agusniatih, M.Si. pembimbing II : Fitriana, S.Pd, M.Pd.

Dalam penelitian ini terdapat masalah yaitu mengenai kreativitas anak yang belum berkembang sesuai harapan. Hal ini berdasarkan hasil observasi awal ditemukan kreativitas anak yang masih perlu dikembangkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh finger painting terhadap perkembangan kreativitas anak. Metode penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dan jenis penelitiannya ialah eksperiman deskriptif. Adapaun sampel yang diambil untuk penelitian di Kelompok B1 PAUD Qurrota A’yun Duyu Kecamatan Tatanga Palu berjumlah 13 anak. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui teknik observasi, dokumentasi, dan wawancara. Berdasarkan analisis data, maka hal ini dapat dilihat dari data penelitian terhadap kreativitas anak sebelum dilakukan perlakuan, pada aspek menceritakan hasil gambar, terdapat 0 anak (0%) kategori BSB, ada 3 anak (23,2%) kategori BSH, ada 5 anak (38,4%) kategori MB, da nada 5 anak (38,4%) kategori BB. pada apek kelancaran dalam membuat ide sendiri, terdapat 0 anak (0%) kategori BSB, ada 3 anak (23,2%) kategori BSH, ada 8 anak (61,5%) kategori MB, da nada 2 anak (15,3%) kategori BB. pada aspek kombinasi warna, terdapat 0 anak (0%) kategori BSB, ada 1 anak (7,69%) kategori BSH, ada 7 anak (54%) kategori MB, dan ada 5 anak (38,4%) kategori BB. Sesudah perlakuan, pada aspek kombinasi warna, terdapat 2 anak (15,4%) kategori BSB, ada 8 anak (61,5%) kategori BSH, ada 2 anak (15,4%) kategori MB, dan ada 1 anak (7,7%) kategori BB. pada apek kelancaran dalam membuat ide sendiri, terdapat 7 anak (54%) kategori BSB, ada 4 anak (30,7%) kategori BSH, ada28 anak (15,3%) kategori MB, dan ada 0 anak (0%) kategori BB. pada aspek menceritakan hasil gambar, terdapat 3 anak (23,2%) kategori BSB, ada 8 anak (61,5%) kategori BSH, ada 2 anak (15,3%) kategori MB, dan ada 0 anak (0%) kategori BB. Dari hasil Analisis peneliti ada pengaruh kegiatan finger painting dengan kreativitas anak di kelompok B1 PAUD Qurrota A'yun Palu. Hal ini dapat dilihat dari hasil rekapitulasi data sebelum dan sesudah perlakuan.

Kata Kunci : Kegiatan Finger Painting, Kreativitas Anak

Item Type: Thesis (Sarjana)
Commentary on: Eprints 0 not found.
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
SWORD Depositor: Users 0 not found.
Depositing User: Users 0 not found.
Date Deposited: 22 Jan 2025 07:16
Last Modified: 06 Feb 2025 07:14
URI: https://repository.untad.ac.id/id/eprint/125916
Baca Full Text: Baca Sekarang

Actions (login required)

View Item
View Item