RANI PERMATA SARI (2022) PENGARUH KEGIATAN KOLASE TERHADAP KREATIVITAS ANAK DI KELOMPOK B1 TK AISYIYAH 1 KOTA PALU. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK
Rani Permata Sari (2022). “ Pengaruh Kegiatan Kolase terhadap Kreativas Anak
di Kelompok B1 TK Aisyiyah 1 Kota Paluâ€. Skripsi Program Studi Pendidikan
Guru pendidikan Anak Usia Dini, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan
dan Ilmu pendidikan, Universitas Tadulako, Pembimbing fitriana dan Amrullah.
Penelitian ini mengkaji tentang kreativitas anak yang masih rendah. Upaya
mengatasi masalah tersebut sudah dilakukan penelitian untuk mengatahui
pengaruh kegiatan kolase terhadap kreativitas anak di kelompok B1 TK Aisyiyah
1 Kota Palu. Metode penelitian yang digunakan yaitu kuantitatif jenisnya
eksperimen, subjeknya 11 anak yang terdiri dari 6 anak laki-laki dan 5 anak
perempuan, terdaftar pada tahun ajaran 2020/2021. Teknik pengumpulan data
dilakukan melalui (1) observasi (2) wawancara dan (3) dokumentasi. Selanjutnya
pengolahan data dilakukan dengan teknik presentase dan uji-t (pairead sampel ttest).
Berdasarkan hasil rekapitulasi sebelum diberikan perlakuan Kreativitas
menempel bahan ke dalam pola ada 9,09% kategori T, 36,37% kategori S, dan
54,55% kategori R. Kecepatan dalam membuat kolase ada 18,18% kategori T,
27,27% kategori S, dan 54,55% kategori R. Kreativitas dalam menghasikan yang
baru ada 18,18% kategori T, 36,36% kategori S, dan ada 45,46% kategori R.
Sesudah perlakuan kreativitas menempel bahan ke dalam pola ada 9,09%
kategori ST, 45,46% kategori T, 27,27% kategori S, 18,18% kategori R.
Kecepatan dalam membuat kolase ada 9,09% kategori ST, 36,37% kategori T,
27,27% kategori S dan 27,27% kategori R. Kreativitas dalam menghasilkan
sesuatu yang baru ada 9,09% kategori ST, 54,55% kategori T, 27,27% kategori S
dan 9,09% kategori R. Dapat disimpulkan ada pengaruh kegiatan kolase terhadap
kreativitas anak terbukti ada peningkatan 33.34?ri tiga aspek yang diamati
kategori ST, T dan S. Dilihat dari hasil akhir perhitungan uji t yakni nilai thitung >
ttabel . Sehingga thitung (5,600 > ttabel 1.81246). Maka dapat di simpulkan bahwa H0
ditolak dan H1 diterima.
Kata Kunci: Kreativitas, Kegiatan Kolase, Anak Usia Dini.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Commentary on: | Eprints 0 not found. |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini |
SWORD Depositor: | Users 0 not found. |
Depositing User: | Users 0 not found. |
Date Deposited: | 22 Jan 2025 07:16 |
Last Modified: | 06 Feb 2025 07:14 |
URI: | https://repository.untad.ac.id/id/eprint/125936 |
Baca Full Text: | Baca Sekarang |