PENGARUH KEGIATAN PROGRAM KAMPUS MENGAJAR TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI DI SEKOLAH DASAR NURUL ISLAM TAWAELI

SURIANI (2025) PENGARUH KEGIATAN PROGRAM KAMPUS MENGAJAR TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI DI SEKOLAH DASAR NURUL ISLAM TAWAELI. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK
Suriani, (2024). Pengaruh Kegiatan Program Kampus Mengajar Terhadap Kemampuan Literasi Di Sekolah Dasar Nurul Islam Tawaeli. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing: Nur Rahma, S.Si.,M.Pd.
Tujuan Studi hal ini dimaksudkan untuk mengidentifikasi Pengaruh Kegiatan Program Kampus Mengajar Terhadap Kemampuan Literasi Di Sekolah Dasar Nurul Islam Tawaeli di kelas V SD Nurul Islam Tawaeli. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah mixed method, yang dimana penelitian ini menggunakan data kuantitatif sebagai data primer dan data kualitatif sebagai data pelengkap. Sampel pada studi ini mencakup semua peserta didik kelas V Sekolah Dasar Nurul Islam Tawaeli sebanyak 11 siswa, terdiri dari 6 anak laki-laki dan 5 anak perempuan. Metode untuk mengumpulkan informasi yang diterapkan yaitu observasi, dokumentasi dan wawancara sebagai tahapan metode kualitatif dan dilengkapi dengan angket sebagai tahapan metode kuantitatif. Berdasarkan data hasil kuantitatif dari data angket siswa yang mendukung bahwa mahasiswa sudah sangat baik dalam menerapkan pembelajaran yang meningkatkan literasi siswa, dimana siswa memperoleh nilai literasi rata-rata 72?ngan kategori tinggi. Hal tersebut menunjukkan bahwa ada pengaruh dari program kampus mengajar terhadap peningkatan literasi baca tulis di Sekolah Dasar Nurul Islam Tawaeli yang didukung juga dari peningkatan AKM kelas dan Asesmen murid pada saat pre test 32?n mengalami peningkatan pada saat post-test 47%. Ini menunjukkan bahwa pelaksanaan program kampus mengajar membawa pengaruh pada literasi siswa. Sedangkan hasil kualitatif menunjukkan bahwa pelaksanaan semua perencanaan kegiatan program yang dirancang oleh mahasiswa kampus mengajar memberikan partisipasi yang semestinya dengan melaksanakan hak dan kewajibannya dalam rangka pembangunan berkemajuan. Program kampus mengajar mengalami peningkatan kualitas diri yang baik setelah mengikuti program terebut dengan berbagai pengalaman yang didapatkan. Sehingga semakin program kampus mengajar dilaksanakan dengan baik dan bertanggung jawab dengan semestinya maka peningkatan literasi oleh mahasiswa akan semakin meningkat serta tujuan adanya program kampus mengajar yang diharapkan akan tercapai dengan baik dan berpengaruh dalam peningkatan literasi.
Kata kunci: Program Kampus Mengajar, Kemampuan Literasi

Item Type: Thesis (Sarjana)
Commentary on: Eprints 0 not found.
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
SWORD Depositor: Users 0 not found.
Depositing User: Users 0 not found.
Date Deposited: 22 Jan 2025 07:16
Last Modified: 06 Feb 2025 07:14
URI: https://repository.untad.ac.id/id/eprint/125982
Baca Full Text: Baca Sekarang

Actions (login required)

View Item
View Item