PENGARUH KEMAMPUAN GURU YANG BERSERTIFIKASI DALAM PENINGKATAN KEMAMPUAN BELAJAR SISWA KELAS V SD NEGERI WAYURA

FRISKIANTO NGGEGO (2024) PENGARUH KEMAMPUAN GURU YANG BERSERTIFIKASI DALAM PENINGKATAN KEMAMPUAN BELAJAR SISWA KELAS V SD NEGERI WAYURA. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untu mengetahui pengaruh kemampuan guru yang bersertifikasi dalam peningkatan kemampuan belajar siswa kelas V SD Negeri Wayura. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode survey. Penelitian ini dilaksanakan di kelas V SD Negeri Wayura. Adapun sampel pada penelitian ini sebanyak 10, yaitu 9 siswa dan seoarang guru. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan angket. Hasil pengujian hipotesis pertama dengan uji parsial (uji T) diperoleh T hitung = - 2,444 > T tabel = 2,365 dengan signifikansi 0,045 < 0,05 yang berarti Ho ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan penjelasan di atas, dapat diambil kesimpulan bahwa adanya pengaruh kemampuan guru yang bersertifikasi dalam meningkatkan kemampuan belajar siswa kelas V SD Negeri Wayura. Kemudian hasil penguiian kedua yaitu koefisien determinasi (R Square) sebesar 0,678 (67,8%). Angka tersebut mengandung arti bahwa pengaruh kemampuan guru yang besertifikasi terhadap kemampuan belajar siswa sebesar 67,8%. Berdasarkan analisis yang dilakukan, dapat disimpulkam bahwa ada pengaruh kemampuan guru yang besertifikasi terhadap kemampuan belajar siswa kelas V SD Negeri Wayura.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Commentary on: Eprints 0 not found.
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
SWORD Depositor: Users 0 not found.
Depositing User: Users 0 not found.
Date Deposited: 22 Jan 2025 07:16
Last Modified: 06 Feb 2025 07:14
URI: https://repository.untad.ac.id/id/eprint/126015
Baca Full Text: Baca Sekarang

Actions (login required)

View Item
View Item