Pengaruh Kompetensi Pedagogik Guru Terhadap Prestasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran IPS Pada Masa Pandemi Covid 19 Di Kelas V SDN 015 Kenangan Kecamatan Lariang

KOMANG SRI WIRIYANI (2021) Pengaruh Kompetensi Pedagogik Guru Terhadap Prestasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran IPS Pada Masa Pandemi Covid 19 Di Kelas V SDN 015 Kenangan Kecamatan Lariang. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.

Full text not available from this repository.

Abstract

Komang Sri Wiriyani, 2020. Pengaruh kompetensi Pedagogik Guru Terhadap
Prestasi Belajar Siswa Dalam Pembalajaran IPS Pada Masa Pandemi COVID-19
Di Kelas V SDN 015 Kenangan Kecamatan Lariang, Skripsi, Program Studi
Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan
Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako, Pembimbing Rizal.
Metode penelitian ini menggunakan jenis deskriptif kuantitatif dengan
subjek penelitian adalah seluruh siswa kelas V di SDN 015 Kenangan Kecamatan
Lariang yang berjumlah 9 orang yang terdiri dari 4 orang laki-laki dan 5 orang
perempuan. Adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan
observasi, dokumentasi, angket dan wawancara. Untuk menganalisis data
digunakan 2 teknik yaitu teknik deskriptif dan teknik inferensial untuk memberi
gambaran tentang Pengaruh kompetensi pedagogik guru terhadap prestasi belajar
siswa dalam pembalajaran IPS pada masa pandemi COVID-19 di Kelas V SDN
015 Kenangan Kecamatan Lariang dengan menggunakan presentase persen (%)
kemudian dinarasikan untuk mengambil kesimpulan. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa dari 9 orang siswa, terdapat 9 siswa atau 99,9% yang
menyatakan kompetensi pedagogik guru di SDN 015 Kenangan Kecamatan
Lariang Baik. Sedangkan prestasi belajar siswa dari 9 orang siswa, terdapat 9
siswa atau 99,9% yang prestasi belajarnya baik. Untuk mengetahui ada tidaknya
pengaruh kompetensi pedagogik guru dengan prestasi belajar siswa dalam
pembelajaran IPS maka dikonsultasikan pada taraf signifikan 5% atau 0,05 (two
nail) danga kriteria pengujiannya itu apabila < , maka Ho (hipotesis
nol) ditolak dan apabila > maka Ha (hipotesis alternativ) diterima.
Berdasarkan data yang ditemukan dalam penelitian ini, bahwa analisis
korelasional yang dikonsultasikan pada taraf signifika 5% diperoleh >
atau 0,983 > 0,666. Artinya Ha (hipotesis alternativ) diterima dan Ho
(hipotesis nol) ditolak. Jadi dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang positif
dan signifikan antara kompetensi pedagogik guru dengan prestasi belajar siswa
dalam pembelajaran IPS pada masa pandemi COVID-19 di Kelas V SDN 015
Kenangan Kecamatan Lariang
Kata kunci : Kompetensi Pedagogik Guru, Prestasi Belajar Siswa

Item Type: Thesis (Sarjana)
Commentary on: Eprints 0 not found.
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
SWORD Depositor: Users 0 not found.
Depositing User: Users 0 not found.
Date Deposited: 22 Jan 2025 07:16
Last Modified: 06 Feb 2025 07:14
URI: https://repository.untad.ac.id/id/eprint/126417
Baca Full Text: Baca Sekarang

Actions (login required)

View Item
View Item