Pengaruh Konseling Kelompok Teknik Reframing Dalam Mengurangi Perilaku Memboloa Siswa Kelas X Ips Sma Negeri 7 Palu

WIDYA PITASARI (2021) Pengaruh Konseling Kelompok Teknik Reframing Dalam Mengurangi Perilaku Memboloa Siswa Kelas X Ips Sma Negeri 7 Palu. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK

Widya Pitasari, 2020. Pengaruh Konseling Kelompok Teknik Reframing dalam Mengurangi Perilaku Membolos Siswa kelas X IPS SMA Negeri 7 Palu. Skripsi, Program Studi Bimbingan dan Konseling, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tadulako, Pembimbing Munifah.

Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah ada pengaruh konseling kelompok teknik reframing dalam mengurangi perilaku membolos siswa kelas X IPS SMA Negeri 7 Palu. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah konseling kelompok teknik reframing berpengaruh dalam perilaku membolos siswa. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 6 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket. Data yang diperoleh selanjutnya diolah dan dianalisis secara deskriptif dan inferensial dengan menggunakan rumus wilcoxon sign rank test. Pengujian hipotesis nol (H0) dilakukan dengan menggunakan teknik uji t wilcoxon sign rank test pada taraf kepercayaan 95%. Hasil analisis deskriptif menunjukan bahwa sebelum diberikan konseling kelompok teknik reframing, ada satu Siswa memiliki 80% perilaku membolos dengan klasifikasi sangat tinggi, ada tiga siswa yang memiliki perilaku membolos dengan klasifikasi tinggi yaitu 73?n 76%, dan satu siswa memiliki perilaku membolos 53?ngan klasifikasi rendah, dan satu siswa memiliki 16% perilaku membolos dengan klasifikasi sangat rendah. Sesudah diberikan konseling kelompok teknik reframing ada tiga siswa yg memiliki perilaku membolos dengan klasifikasi sangat rendah yaitu 16%, 20%, dan 33%, Serta ada tiga siswa yang memiliki perilaku membolos dengan klasifikasi rendah yaitu 43%, 50%, dan 53%. Hasil analisis inferensial menunjukan bahwa nilai Thitung < Ttabel atau 0 < 2. Dapat disimpulkan bahwa hipotesis nol (H0) yang berbunyi perilaku membolos siswa sesudah diberikan konseling kelompok teknik reframing berpengaruh dalam mengurangi perilaku membolos siswa kelas X IPS SMA Negeri 7 Palu.

Kata Kunci : Konseling Kelompok, Teknik Reframing, Perilaku Membolos

Item Type: Thesis (Sarjana)
Commentary on: Eprints 0 not found.
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Library of Congress Subject Areas > L Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
SWORD Depositor: Users 0 not found.
Depositing User: Users 0 not found.
Date Deposited: 22 Jan 2025 07:16
Last Modified: 06 Feb 2025 07:14
URI: https://repository.untad.ac.id/id/eprint/126579
Baca Full Text: Baca Sekarang

Actions (login required)

View Item
View Item