PENGARUH KUALITAS LAYANAN TERHADAP KEPUASAN PASIEN PADA PUSKESMAS AMPANA TIMUR KABUPATEN TOJO UNA-UNA

RAMLAH K. BERO (2025) PENGARUH KUALITAS LAYANAN TERHADAP KEPUASAN PASIEN PADA PUSKESMAS AMPANA TIMUR KABUPATEN TOJO UNA-UNA. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.

Full text not available from this repository.

Abstract

Puskesmas sebagai layanan publik yaitu pelayanan jasa kesehatan harus mampu memenuhi harapan dan tuntutan masyarakat. Studi ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisa : (1) Pengaruh variabel kualitas layanan yang terdiri dari (X1) bukti fisik, (X2) empati, (X3) keandalan, (X4) daya tanggap dan (X5) jaminan secara simultan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pasien pada Puskesmas Ampana Timur Kabupaten Tojo Una-Una. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan pendekatan kausalitas. Populasi dalam penelitian ini pasien yang berkunjung pada Puskesmas Ampana Timur dengan jumlah sampel sebanyak 100 responden. Dan teknik penarikan sampel dalam penelitian ini mengunakan accidental sampling. Pengambilan data menggunakan kuesioner yang telah di uji validitas dan realibilitasnya. Metode analisis mengunakan regresi linear berganda. Hasil penelitian ini menujukkan bahwa kualitas layanan yang terdiri dari (X1) bukti fisik, (X2) empati, (X3) keandalan, (X4) daya tanggap dan (X5) jaminan secara simultan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pasien pada Puskesmas Ampana Timur Kabupaten Tojo Una-Una dengan sig 0,000 dan nilai F hitung sebesar 10.460. Pihak Puskesmas Ampana Timur dapat meningkatkan kualitas layanan agar dapat memberikan pelayanan yang baik dan nyaman kepada pasien.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Commentary on: Eprints 0 not found.
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi Manajemen
SWORD Depositor: Users 0 not found.
Depositing User: Users 0 not found.
Date Deposited: 22 Jan 2025 07:16
Last Modified: 06 Feb 2025 07:14
URI: https://repository.untad.ac.id/id/eprint/126785
Baca Full Text: Baca Sekarang

Actions (login required)

View Item
View Item