PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK TEKNIK SELF REGULATED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN PARTISIPASI BELAJAR SISWA SMA NEGERI 9 PALU

HIJRA (2023) PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK TEKNIK SELF REGULATED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN PARTISIPASI BELAJAR SISWA SMA NEGERI 9 PALU. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan: Mendeskripsikan bagaimana partisipasi belajar siswa sebelum dan sesudah mengikuti layanan bimbingan kelompok teknik self regulated learning, Menjelaskan pengaruh positif layanan bimbingan kelompok teknik self regulated learning untuk meningkatkan partisipasi belajar siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu (quasi experiment research). Subjek dalam penelitian ini berjumlah 8 siswa yang memilki partisipasi belajar yang rendah. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis inferensial dengan menggunakan rumus Wilcoxon sing rank test. Perhitungan sebelum diberikan layanan bimbingan kelompok teknik self regulated learning diperoleh dari 8 siswa ada 7 siswa yang memiliki klasifikasi partisipasi belajar siswa rendah, dan 1 siswa memiliki klasifikasi partisipasi belajar siswa yang sangat rendah. Sesudah diberikan layanan bimbingan kelompok teknik self regulated learning dari 8 siswa ada 2 siswa yang mengalami peningkatan klasifikasi partisipasi belajar dari rendah menjadi sangat tinggi, 3 siswa yang mengalami peningkatan klasifikasi partisipasi belajar dari rendah menjadi tinggi, ada 2 siswa yang hanya mengalami peningkatan pada jumlah presentase namun tetap berada pada klasifikasi partisipasi belajar yang rendah, dan ada 1 siswa yang mengalami peningkatan klasifikasi partisipasi belajar dari sangat rendah menjadi rendah. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa ada pengaruh positif layanan bimbingan kelompok teknik self regulated learning untuk meningkatkan partisipasi belajar siswa SMA Negeri 9 Palu.

Kata Kunci : Bimbingan Kelompok, Self regulated Learning, Partisipasi belajar siswa

Item Type: Thesis (Sarjana)
Commentary on: Eprints 0 not found.
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Library of Congress Subject Areas > L Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
SWORD Depositor: Users 0 not found.
Depositing User: Users 0 not found.
Date Deposited: 22 Jan 2025 07:16
Last Modified: 06 Feb 2025 07:14
URI: https://repository.untad.ac.id/id/eprint/127278
Baca Full Text: Baca Sekarang

Actions (login required)

View Item
View Item