PENGARUH LAYANAN INFORMASI ETIKA BERGAUL DI SEKOLAH TERHADAP KEMAMPUAN INTERAKSI SOSIAL DI SEKOLAH SMA NEGERI 2 PALU KELAS XI MIA VII

SANDRA SETIAWAN (2020) PENGARUH LAYANAN INFORMASI ETIKA BERGAUL DI SEKOLAH TERHADAP KEMAMPUAN INTERAKSI SOSIAL DI SEKOLAH SMA NEGERI 2 PALU KELAS XI MIA VII. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK

Sandra Setiawan, 2019. Pengaruh Layanan Informasi Etika Bergaul Di Sekolah Terhadap Kemampuan Interaksi Sosial Di Sekolah Siswa Kelas XI MIA VII SMA Negeri 2 Palu. Skripsi, Program Studi Bimbingan dan Konseling , Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing, Ridwan Syahran.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah ada pengaruh positif layanan informasi etika bergaul di sekolah terhadap kemampuan interaksi siswa SMA Negeri 2 palu. Tujuan penelitian adalah untuk menjelaskan pengaruh positif layanan informasi etika bergaul di sekolah terhadap peningkatan kemampuan interaksi sosial di sekolah. Subjek penelitian ini berjumlah 23 siswa. instrumen pengumpulan data adalah angket kemampuan interaksi sosial di sekolah. Data yang diperoleh diolah dan dianalisis secara deskriptif dan inferensial. Hasil analisis deksriptif menunjukan bahwa kemampauan interaksi sosial di sekolah sebelum mengikuti layanan informasi etika bergaul di sekolah yaitu: 30,43 siswa memiliki kemampuan interaksi sosial di sekolah yang baik, 52,17 siswa memiliki kemampuan interaksi sosial di sekolah yang kurang baik, 17,39 siswa memiliki kemampuan interaksi sosial di sekolah yang sangat tidak baik. Sesudah mengikuti layanan informasi etika bergaul di sekolah, maka terjadi peningkatan kemampuan interaksi sosial di sekolah yaituh: 8,69 siswa memiliki kemampuan interaksi sosial di sekolah yang sangat baik, 78,26 siswa memiliki kemampuan interaksi sosial di sekolah yang baik, 13,04 siswa memiliki kemampuan interaksi sosial di sekolah yang kurang baik. Hasil analisis inferensial menggunakan teknik statistik yaitu uji-t (satu ekor)pada taraf kepercayaan 95%(a = 0,05%) Pada tabel distribusi diperoleh nilai t tabel sebesar 1,72 jika dibandingkan dengan nilai t hitung sebesar 8,72 maka harga t hitung lebih besar dari pada t tabel atau 8,72>1,72. Dengan demikian hipotesis nol ( Ho) ditolak. Hasil penelitian menunjukan ada pengaruh positif pemberian layanan informasi etika bergaul di sekolah terhadap peningkatan kemampuan interaksi sosial di sekolah siswa kelas XI MIA VII SMA Negeri 2 Palu.

Kata Kunci: Etika bergaul di sekolah, Kemampuan interaksi sosial di sekolah.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Commentary on: Eprints 0 not found.
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Library of Congress Subject Areas > L Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
SWORD Depositor: Users 0 not found.
Depositing User: Users 0 not found.
Date Deposited: 22 Jan 2025 07:16
Last Modified: 06 Feb 2025 07:14
URI: https://repository.untad.ac.id/id/eprint/127321
Baca Full Text: Baca Sekarang

Actions (login required)

View Item
View Item