PENGARUH LAYANAN INFORMASI IKLIM KELAS YANG KONDUSIF TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS VIIID DI SMP NEGERI 7 PALU

RAHMA YUNITA (2020) PENGARUH LAYANAN INFORMASI IKLIM KELAS YANG KONDUSIF TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS VIIID DI SMP NEGERI 7 PALU. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK

Rahma yunita, 2019. Pengaruh Layanan Informasi Iklim Kelas yang Kondusif Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas VIIID Di Smp Negeri 7 Palu. Skripsi, Program Studi Bimbingan dan Konseling, Jurusan IlmuPendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, UniversitasTadulako, Pembimbing I Abd. Munir, pembimbing II Ridwan Syahran.

Kata Kunci : Iklim Kelas yang Kondusif, Motivasi Belajar

Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana motivasi belajar siswa sebelum dan sesudah diberikan layanan informasi iklim kelas yang kondusif, serta apakah motivasi belajar siswa sesudah diberikan layanan informasi iklim kelas yang kondusif lebih tinggi dibanding dengan sebelum diberikan layanan informasi iklim kelas yang kondusif. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan serta menjelaskan peningkatan motivasi belajar siswa sebelum dan sesudah diberikan layanan informasi iklim kelas yang kondusif. Subjek penelitian ini berjumlah 24 siswa. instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket motivasi belajar siswa. Data yang diperoleh dalam penelitian ini dianalisis secara deskriptif dan inferensial dengan menggunakan rumus uji-t (satu ekor) pada taraf kepercayaan 95%. Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa motivasi belajar siswa sebelum diberikan layanan informasi iklim kelas yang kondusif yaitu 12,5% siswa yang memiliki motivasi belajar tinggi, 70,8% siswa yang memiliki motivasi belajar rendah dan 16,6% siswa yang memiliki motivasi belajar sangat rendah. Sedangkan sesudah diberikan layanan informasi iklim kelas yang kondusif maka terjadi peningkatan motivasi belajar yaitu 12,5% siswa yang memiliki motivasi belajar sangat tinggi, 33,3% siswa yang memiliki motivasi belajar tinggi dan 54,1% siswa yang memiliki motivasi belajar rendah. Hasil analisis inferensial menunjukkan bahwa motivasi belajar siswa sesudah diberikan layanan informasi iklim kelas yang kondusif lebih tinggi dibanding dengan sebelum diberikan layanan informasi iklim kelas yang kondusif.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Commentary on: Eprints 0 not found.
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Library of Congress Subject Areas > L Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
SWORD Depositor: Users 0 not found.
Depositing User: Users 0 not found.
Date Deposited: 22 Jan 2025 07:16
Last Modified: 06 Feb 2025 07:14
URI: https://repository.untad.ac.id/id/eprint/127325
Baca Full Text: Baca Sekarang

Actions (login required)

View Item
View Item