PENGARUH LAYANAN INFORMASI MIND MAPPING UNTUK MENINGKATKAN INTENSITAS BELAJAR SISWA KELAS VII B DI SMP NEGERI 2 SINDUE

SUSANTO (2021) PENGARUH LAYANAN INFORMASI MIND MAPPING UNTUK MENINGKATKAN INTENSITAS BELAJAR SISWA KELAS VII B DI SMP NEGERI 2 SINDUE. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK
Susanto, 2021. Pengaruh Layanan Informasi Mind Mapping Untuk Meningkatkan Intensitas Belajar Siswa Kelas VII B Di SMP Negeri 2 Sindue. Skripsi, Program Studi Bimbingan dan Konseling, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidika, Universitas Tadulako, Pembimbing Ridwan Syahran.
Permasalahan utama dalam penelitian ini adalah apakah ada pengaruh positif pemberian layanan informasi Mind Mapping untuk meningkatkan intensitas belajar siswa kelas VII B Di SMP Negeri 2 Sindue. Tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan pengaruh positif pemberian layanan informasi Mind Mapping untuk meningkatkan intensitas belajar siswa. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 20 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket intensitas belajar siswa. Data yang diperoleh selanjutnya diolah dan dianalisis secara deskriptif dan inferensial. Pengujian hipotesis nol (H0) dilakukan dengan menggunakan teknik statistic yaitu uji t (satu ekor) pada taraf kepercayaan 95%. Hasil analisis deskriptif menunjukan bahwa sebelum diberikan layanan informasi mind mapping, terdapat 20% siswa yang memiliki intensitas belajar yang tinggi, ada 50% siswa yang memiliki intensitas belajar yang rendah dan ada 30% siswa yang memiliki intensitas belajar sangat rendah. Setelah diberikan layanan informasi Mind Mapping, terjadi peningkatan intensitas belajar, antara lain: terdapat 20% siswa yang memiliki intensitas belajar yang sangat tinggi, ada 35% siswa yang memiliki intensitas belajar yang tinggi, dan ada 25% siswa yang memiliki intensitas belajar yang rendah, dan ada 20% siswa yang memiliki intensitas belajar yang sangat rendah. Hasil analisis inferensial diperoleh kesimpulan bahwa ada pengaruh positif pemberian layanan informasi mind mapping untuk meningkatkan intensitas belajar siswa. Maka hasil penelitian ini membuktikan bahwa ada pengaruh pemberian layanan informasi mind mapping untuk meningkatkan intensitas belajar siswa Kelas VII B di SMP Negeri 2 Sindue.
Kata Kunci : layanan informasi, Mind Mapping, Intensitas Belajar

?

Item Type: Thesis (Sarjana)
Commentary on: Eprints 0 not found.
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Library of Congress Subject Areas > L Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
SWORD Depositor: Users 0 not found.
Depositing User: Users 0 not found.
Date Deposited: 22 Jan 2025 07:16
Last Modified: 06 Feb 2025 07:14
URI: https://repository.untad.ac.id/id/eprint/127345
Baca Full Text: Baca Sekarang

Actions (login required)

View Item
View Item