FIKRI FAJRIAWAN (2021) PENGARUH LAYANAN INFORMASI SELF-REGULATED LEARNING DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA AUDIOVISUAL UNTUK MENGURANGI PERILAKU PROKRASTINASI AKADEMIK SISWA SMA NEGERI 1 PALELEH. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK
Fikri Fajriawan 2021. Pengaruh Layanan Informasi Self Regulated Learning
dengan menggunakan Media Audiovisual untuk Mengurangi Perilaku
prokrastinasi akademik siswa SMA Negeri 1 paleleh. Skripsi, program studi
Bimbingan dan Konseling, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan
dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako, Pembimbing Ridwan Syahran
Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah ada pengaruh positif
pemberian layanan informasi self regulated learning menggunakan media
audiovisual untuk mengurangi perilaku prokrastinasi akademik siswa. Tujuan
penelitian ini untuk menjelaskan pengaruh positif layanan informasi layanan self
regulated learning menggunakan media audiovisual terhadap perilaku
prokrastinasi siswa. Subjek penelitian ini berjumlah 13 siswa. Instrumen yang
digunakan dalam penelitian ini adalah angket prokrastinasi akademik. Data yang
diperoleh diolah dan dianalisis secara deskriptif dan inferensial. Pengujian
hipotesis dilakukan dengan menggunakan teknik statistik uji t (satu ekor) pada
taraf signifikan 95%. Hasil analisis deskriptif menunjukan bahwa sebelum
diberikan layanan informasi self regulated learning menggunakan media
audiovisual ada 15,38% siswa yang memiliki perilaku prokrastinasi akademik
tinggi, ada 61,54% siswa yang memiliki perilaku prokrastinasi sedang, ada
23,08% siswa yang memiliki perilaku prokrastinasi rendah. Setelah diberikan
layanan informasi self regulated learning menggunakan media audiovisual,
terjadi pengurangan perlaku prokrastinasi akademik siswa, yaitu ada 7,69% siswa
yang memiliki perilaku prokrastinasi akademik tinggi, 23,08% siswa yang
memiliki prokrastinasi akademik sedang, 46,15% siswa yang memiliki
prokrastinasi akademik rendah, 23,08% siswa yang memiliki prokrastinasi
akademik sangat rendah. Hasil analisis inferensial hipotesis nol (H0) ditolak
(tidak diterima), berdasarkan nilai tersebut dapat menujukkan bahwa nilai t hitung
> nilai t tabel atau 8,34 > 1,78. Hasil penelitian menujukan bahwa ada pengaruh
positif pemberian layanan informasi self regulated learning dengan menggunakan
media audiovisual untuk mengurangi perilaku prokrastinasi akademik siswa
SMA Negeri 1 Paleleh.
Kata Kunci : self regulated learning, prokrastinasi akademik, media audiovisual
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Commentary on: | Eprints 0 not found. |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling Library of Congress Subject Areas > L Pendidikan > Bimbingan dan Konseling |
SWORD Depositor: | Users 0 not found. |
Depositing User: | Users 0 not found. |
Date Deposited: | 22 Jan 2025 07:16 |
Last Modified: | 06 Feb 2025 07:14 |
URI: | https://repository.untad.ac.id/id/eprint/127374 |
Baca Full Text: | Baca Sekarang |