PENGARUH MEDIA GAMBAR TERHADAP KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK DI KELOMPOK B TK KARTIKA XX-32 PALU

LILI SURIANI BORO (2020) PENGARUH MEDIA GAMBAR TERHADAP KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK DI KELOMPOK B TK KARTIKA XX-32 PALU. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK

Lili Suriani Boro (2019) “Pengaruh Pengaruh Media Gambar Terhadap Kemampuan Kognitif Anak Di Kelompok B TK Kartika XX-32 Pulu”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Pendidikan Anak Usia Dini, Jurusan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadolako. Pembimbing (I): Andi Agusniatih, Pembimbing (II): Besse Nirmala.

Masalah dalam penelitian ini adalah kemampuan kognitif anak belum berkembang sesuai harapan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kegiatan media gambar terhadap kemampuan kognitif. Subjek penelitian seluruh anak di kelompok B TK Kartika XX-32 Palu berjumlah 16 anak. Teknik pengumpulan data yang dilakukan melalui teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian sebelum diberi perlakuan pada aspek mengelompokkan batu sesuai ukurannya BSB 18,75%, BSH 25%, MB 12,5%, BB 43,75%, menghitung gambar balon udara BSB 18,75%, BSH 31,25%, MB 12,5%, BB 37,5%, menghubungkan gambar balon udara dengan angka BSB 18,75%, BSH 31,25%, MB 25%, BB 25%. Selanjutnya sesudah diberi perlakuan mengalami peningkatan dari berbagai aspek yang diamati, mengelompokkan batu sesuai ukurannya BSB 37,5%, BSH 31,25%, MB 25%, BB 6,25%, menghitung gambar balon udara BSB 43,75%, BSH 25%, MB 18,75%, BB12,5 %, menghubungkan gambar balon udara dengan angka BSB 37,5%, BSH 31,25%, MB 18,75%, BB 12,5%. Dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh kegiatan media gambar terhadap kemampuan kognitif anak.

Kata Kunci :Kemampuan Kognitif, Kegiatan Media Gambar, Anak Usia Dini

Item Type: Thesis (Sarjana)
Commentary on: Eprints 0 not found.
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
SWORD Depositor: Users 0 not found.
Depositing User: Users 0 not found.
Date Deposited: 22 Jan 2025 07:16
Last Modified: 06 Feb 2025 07:14
URI: https://repository.untad.ac.id/id/eprint/127624
Baca Full Text: Baca Sekarang

Actions (login required)

View Item
View Item