PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN AUGMENTED REALITY BERBASIS ETNOSAINS UNTUK MENINGKATKAN LITERASI BUDAYA PESERTA DIDIK

ALAN ROINALDO TURE (2024) PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN AUGMENTED REALITY BERBASIS ETNOSAINS UNTUK MENINGKATKAN LITERASI BUDAYA PESERTA DIDIK. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh media pembelajaran Augmented Reality berbasis Etnosains untuk meningkatkan Literasi Budaya Didik. Metode yang digunakan adalah quasi-eksperimen dengan desain non equivalent pretest-posttest kontrol group. Sampel diambil dengan teknik random sampling, melibatkan peserta didik kelas XI MIA 1 dan XI MIA 3 SMA Labschool Untad Palu, masing-masing terdiri dari 14 peserta didik. Instrumen yang digunakan merupakan instrumen penilaian literasi budaya peserta didik yang diukur sebelum dan sesudah perlakuan (pretest dan posttest). Rata-rata nilai pretest pada kelas eksperimen adalah 67,21 dan kelas kontrol 68,50, sedangkan rata-rata posttest kelas eksperimen 81,93 dan kelas kontrol 70,93 dari nilai maksimal 100. Berdasarkan uji hipotesis menggunakan dependent sample t-test diperoleh nilai sig. 2-tailed < 0> 0,05 (0,087 > 0,05), sehingga H0 diterima, serta dapat disimpulkan tidak terdapat pengaruh yang signifikan dari hasil posttest antara kelas eksperimen yang menggunakan media pembelajaran augmented reality berbasis etnosains dengan kelas kontrol yang menggunakan media pembelajaran konvesional (power point berbantuan video), yang artinya kedua media pembelajaran ini dapat meningkatkan literasi budaya budaya peserra didik. Pada uji N-gain diperoleh nilai rata-rata peningkatan literasi budaya pada kelas eksperimen literasi budaya pada kelas eksperimen sebesar 0,5338 (kategori sedang) dan kelas kontrol sebesar 0,1410 (kategori rendah). Uji Cohen's d digunakan untuk melihat pengaruh penggunaan media pembelajaran Augmented Reality berbasis Etnosains, mengacu pada nilai effect size sebesar 1,581 (kategori tinggi), sehingga media pembelajaran Augmented Reality berbasis Etnosains memberikan pengaruh yang tinggi terhadap peningkatan Literasi Budaya Peserta Didik setelah digunakan dalam pembelajaran.

Kata Kunci: Media Pembelajaran, Augmented Reality, Etnosains, Literasi Budaya

Item Type: Thesis (Sarjana)
Commentary on: Eprints 0 not found.
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika
Library of Congress Subject Areas > L Pendidikan > Pendidikan Fisika
SWORD Depositor: Users 0 not found.
Depositing User: Users 0 not found.
Date Deposited: 22 Jan 2025 07:16
Last Modified: 06 Feb 2025 07:14
URI: https://repository.untad.ac.id/id/eprint/127653
Baca Full Text: Baca Sekarang

Actions (login required)

View Item
View Item