JEIN (2021) PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN TERHADAP PERKEMBANGAN KOGNITIF ANAK DI KELOMPOK B1 PADA MASA COVID-19 DI TK BUNDA HATI KUDUS KOTA PALU. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK
Jein (2021), Pengaruh Media Pembelajaran Terhadap Perkembangan Kognitif
Anak Di Kelompok B1 Pada Masa Covid-19 di TK Bunda Hati Kudus Kota Palu.
skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Jurusan Ilmu
Pendidikan, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako,
Pembimbing (1) Andi Agusniatih (2) Jane Mariem Monepa.
Masalah dalam penelitian yaitu perkembangan kognitif anak yang belum
berkembang sesuai harapan. Berkaitan dengan masalah tersebut dilakukan
penelitian yang bertujuan untuk mengetahui ada pengaruh media pembelajaran
terhadap perkembangan kognitif anak dimasa pandemi covid-19. Metode
penelitian ini adalah kualitatif dan jenis penelitian deskriptif. Adapun subjek
penelitian ini adalah seluruh anak di kelompok B1 TK Bunda Hati Kudus Kota
Palu. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan
dokumentasi. Data dianalisis dengan teknik persentase. Hasil penelitian sebelum
perlakuan aspek mengenal lambang bilangan, terdapat 1 anak (7%) dalam ketegori
(BSB), 1 anak (7%) dalam kategori (BSH), 2 anak (14%) dalam ketegori (MB)
dan 10 anak (72%) dalam kategori (BB). Aspek menghubungkan lambang
bilangan dengan gambar, terdapat 1 anak (7%) dalam kategori (BSB), 1 anak
(7%) dalam kategori (BSH), 2 anak (14%) dalam kategori (MB), dan 10 anak
(72%) dalam kategori (BB). aspek mewarnai media gambar sesuai tema, terdapat
1 anak (7%) dalam kategori (BSB), 2 anak (14%) dalam kategori (BSH), 1 anak
(7%) dalam kategori (MB), dan 10 anak (72%) dalam kategori (BB). Kemudian
setelah perlakuan, perkembangan kognitif anak ada peningkatan pada aspek
mengenal lambang bilangan, terdapat 2 anak (14%) dalam kategori (BSB), 7 anak
(51%) dalam kategori (BSH), 3 anak (21%) dalam kategori (MB), dan 2 anak
(14%) dalam kategori (BB). Aspek menghubungkan lambang bilangan dengan
gambar, terdapat 2 anak (14%) dalam kategori (BSB), 7 anak (51%) dalam
kategori (BSH), 3 anak (21%) dalam kategori (MB), dan 2 anak (14%) dalam
kategori (BB). Aspek mewarnai media gambar sesuai tema, terdapat 3 anak (21%)
dalam kategori (BSB), 8 anak (58%) dalam kategori (BSH), 2 anak (14%) dalam
kategori (MB), dan 1 anak (7%) dalam kategori (BB). Dapat disimpulkan bahwa
ada pengaruh media pembelajaran terhadap perkembangan kognitif anak pada
masa pandemi covid-19.
Kata kunci: Media Pembelajaran, Perkembangan Kognitif
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Commentary on: | Eprints 0 not found. |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini |
SWORD Depositor: | Users 0 not found. |
Depositing User: | Users 0 not found. |
Date Deposited: | 22 Jan 2025 07:16 |
Last Modified: | 06 Feb 2025 07:14 |
URI: | https://repository.untad.ac.id/id/eprint/127667 |
Baca Full Text: | Baca Sekarang |