Pengaruh Media Video Pembelajaran Terhadap Pengenalan Karakter Profil Pelajar Pancasila Di Taman Kanak-Kanak Kelompok B TK Negeri Model Terpadu Madani

SURIANI (2024) Pengaruh Media Video Pembelajaran Terhadap Pengenalan Karakter Profil Pelajar Pancasila Di Taman Kanak-Kanak Kelompok B TK Negeri Model Terpadu Madani. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK
Suriani, (2024) “Pengaruh Media Video Pembelajaran Terhadap Pengenalan
Karakter Profil Pelajar Pancasila Di Taman Kanak-Kanak Kelompok B TK Negeri
Model Terpadu Madani”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan
Anak Usia Dini, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan Dan Ilmu
Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing (I) Andi Agusniatih dan
Pembimbing (II) Fitriana.
Masalah yang ditemukan dalam penelitian ini adalah karakter profil pelajar
Pancasila anak belum berkembang dengan baik. Tujuannya untuk mengetahui
pengaruh media video pembelajaran terhadap pengenalan karakter profil pelajar
Pancasila anak di kelompok B TK Negeri Model Terpadu Madani. Metode yang
digunakan pendekatan kuantitatif dan jenis penelitian eksperimen. Subyeknya
seluruh anak kelompok B TK Negeri Model Terpadu Madani yang berjumlah 14
anak, terdiri dari 8 anak perempuan dan 6 anak laki-laki. Teknik pengumpulan data
dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Selanjutnya dianalisis dengan
teknik presentase. Berdasarkan data hasil penelitian sebelum diberikan perlakuan
media video pembelajaran terhadap pengenalan karakter profil pelajar Pancasila
menunjukan bahwa pada aspek bergotong royong, 0 anak (0%) dalam kategori
(BSB), ada 3 anak (21,4%) dalam kategori (BSH), ada 5 anak (35,7%) dalam
kategori (MB), dan 6 anak (42,9%) dalam kategori (BB). Kreatif, 0 anak (0%)
dalam kategori (BSB), ada 1 anak (7,1%) dalam kategori (BSH), ada 6 anak
(42,9%) dalam kategori (MB), dan ada 7 anak (50%) dalam kategori (BB). Kritis
terdapat 1 anak (7,1%) dalam (BSB), ada 2 anak (14,3%) dalam kategori (BSH),
ada 5 anak (35,7%) dalam kategori (MB), dan ada 6 anak (42,9%) dalam kategori
(BB). Setelah diberikan perlakuan tentang pengenalan karakter profil pelajar
Pancasila pada aspek bergotong royong, terdapat 4 anak (28,6%) dalam kategori
(BSB), ada 6 anak (42,9%) dalam kategori (BSH), ada 3 anak (21,4%) dalam
kategori (MB), dan ada 1 anak (7,1%) dalam kategori (BB). Kreatif terdapat 7 anak
(50%) dalam kategori (BSB), ada 4 anak (28,6%) dalam kategori (BSH), ada 2 anak
(14,3%) dalam kategori (MB), dan ada 1 anak (7,1%) dalam kategori (BB). Kritis
terdapat 7 anak (50%) dalam kategori (BSB), ada 4 anak (28,6%) dalam kategori
(BSH), ada 3 anak (21,4%) dalam kategori (MB), dan 0 anak (0%) dalam kategori
(BB). Dapat disimpulkan bahwa pengaruh media video pembelajaran dapat
mengembangkan pengenalan karakter profil pelajar Pancasila anak di kelompok B
TK Negeri Model Terpadu Madani.
Kata Kunci : Media Video, Pengenalan Karakter Profil Pelajar Pancasila, Anak
Usia Din

Item Type: Thesis (Sarjana)
Commentary on: Eprints 0 not found.
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
SWORD Depositor: Users 0 not found.
Depositing User: Users 0 not found.
Date Deposited: 22 Jan 2025 07:16
Last Modified: 06 Feb 2025 07:14
URI: https://repository.untad.ac.id/id/eprint/127723
Baca Full Text: Baca Sekarang

Actions (login required)

View Item
View Item