Pengaruh Metode Bercerita Melalui Media Gambar Terhadap Perkembangan Bahasa Anak Di Kelompok B1 TK Nurul Yaqiin Palu Kecamatan Mantikulore

NURFATNI (2022) Pengaruh Metode Bercerita Melalui Media Gambar Terhadap Perkembangan Bahasa Anak Di Kelompok B1 TK Nurul Yaqiin Palu Kecamatan Mantikulore. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.

Full text not available from this repository.

Abstract

Nurfatni. (2022). Pengaruh Metode Bercerita Melalui Media Gambar Terhadap Perkembangan Bahasa Anak di Kelompok B1 TK Nurul Yaqiin Palu Kecamatan Mantikulore. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Tadulako. Pembimbing (I) Andi Agusniatih, Pembimbing (II) Amrullah.
Masalah utama dalam penelitian ini adalah bahasa, banyak anak yang belum berkembang sesuai harapan. Upaya mengatasi masalah tersebut, telah dilakukan penelitian yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode bercerita melalui media gambar terhadap perkembangan bahasa anak di kelompok B1 TK Nurul Yaqiin Palu Kecamatan Mantikulore. Metode penelitian ini adalah kuantitatif jenis penelitian eksperimen. Subjeknya seluruh anak di kelompok B1 yang berjumlah 12 orang anak, terdaftar pada tahun ajaran 2021/2022. Teknik pengumpulan data dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi, selanjutnya data dianalisis secara kuantitatif. Hasil pengamatan sebelum diberikan perlakuan pada menyebutkan kosa kata (0%) BSB, (25%) BSH, (41,67%) MB, dan (33,33%) BB. Aspek menjawab pertanyaan (0%) BSB, (8,33%) BSH, (66,67%) MB, dan (25%) BB. Aspek mengulang kalimat sederhana (0%) BSB, (0%) BSH, (41,67%) MB, dan (58,33%) BB. Hasil pengamatan sesudah diberikan perlakuan pada aspek menyebutkan kosa kata (25%) BSB, (41,67%) BSH, (33,33%) MB, dan (0%) BB. Aspek menjawab pertanyaan terdapat (25%) BSB, (33,33%) BSH, (33,33%) MB, dan (8,33%) BB. Aspek mengulang kalimat sederhana terdapat (16,67%) BSB, (25%) BSH, (50%) MB, dan (8,33%) BB. Jika dilihat dari nilai t dapat dijelaskan bahwa t hitung sebesar 6.293 dengan signifikan 0,000. Karena signifikansi <0,05 maka dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dan H1 diterima, berarti terdapat pengaruh metode bercerita melalui media gambar terhadap perkembangan bahasa anak di kelompok B1 TK Nurul Yaqiin Palu Kecamatan Mantikulore.
Kata Kunci: Metode Bercerita, Bahasa Anak

Item Type: Thesis (Sarjana)
Commentary on: Eprints 0 not found.
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
SWORD Depositor: Users 0 not found.
Depositing User: Users 0 not found.
Date Deposited: 22 Jan 2025 07:16
Last Modified: 06 Feb 2025 07:14
URI: https://repository.untad.ac.id/id/eprint/127734
Baca Full Text: Baca Sekarang

Actions (login required)

View Item
View Item