PENGARUH METODE BERCERITA TERHADAP KEMAMPUAN ANAK BERBAHASA DI KELOMPOK B TK MELATI TONDO KECAMATAN MANTIKULORE KOTA PALU

KRISTIANI (2022) PENGARUH METODE BERCERITA TERHADAP KEMAMPUAN ANAK BERBAHASA DI KELOMPOK B TK MELATI TONDO KECAMATAN MANTIKULORE KOTA PALU. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kristiani, 2021. “Pengaruh Metode Bercerita Terhadap Kemampuan Anak
Berbahasa di Kelompok B TK Melati Tondo Kecamatan Mantikulore Kota Palu”.
Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Jurusan Ilmu
Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako,
Pembimbing.Putu Suwika
Masalah Pokok dalam Penelitian ini adalah kemampuan anak berbahasa
belum berkembang sesuai harapan. Upaya mengatasi masalah tersebut, dilakukan
penelitian yang bertujuan mengetahui pengaruh metode bercerita terhadap
kemampuan anak berbahasa di Kelompok B TK Melati Tondo Kecamatan
Mantikulore Kota Palu. Metode kuantitatif jenis Eksperimen Deskriptif, Ada pun
subjek penelitian ini, yaitu 13 anak di Kelompok B TK Melati Tondo Kecamatan
Mantikulore Kota Palu. teknik pengumpulan data penelitian ini adalah
menggunakan observasi, dokumentasi, dan wawancara. Selanjutnya, pengelolahan
data menggunakan teknik persentase dan uji t. Berdasarkan hasil rekapitulasi
kemampuan anak berbahasa dalam tiga aspek yang telah diamati, yaitu aspek
menyebutkan kosa kata, aspek menjawab pertanyaan, dan aspek mengulang kalimat
sederhana. sebelum maupun sesudah diberikan metode bercerita, ketegori
Berkembang Sangat Baik dari 0% menjadi 69,23 %, ketegori Berkembang Sesuai
Harapan dari 7,69% menjadi 17,94%, ketegori Mulai Berkembang dari 23,07%
menjadi 10,27%, ketegori Belum Berkembang dari 69,24% menjadi 2.56%. Sesuai
hasil data perhitungan uji t, dapat dijelaskan bahwa nilai t hitung sebesar -14,441,
dengan nilai signifikan 0,00< 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dan
H1 diterima, yang berarti kegiatan metode bercerita mempunyai pengaruh secara
signifikan terhadap Kemampuan anak Berbahasa di kelompok B TK Melati Tondo
Kecamatan Mantikulore Kota Palu.
Kata Kunci : Metode Bercerita,Kemampuan Berbahasa

Item Type: Thesis (Sarjana)
Commentary on: Eprints 0 not found.
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
SWORD Depositor: Users 0 not found.
Depositing User: Users 0 not found.
Date Deposited: 22 Jan 2025 07:16
Last Modified: 06 Feb 2025 07:14
URI: https://repository.untad.ac.id/id/eprint/127736
Baca Full Text: Baca Sekarang

Actions (login required)

View Item
View Item