PENGARUH METODE BERCERITA TERHADAP KETERAMPILAN BERBICARA ANAK DI KELOMPOK B1 TK MELATI TONDO KECAMATAN MANTIKULORE KOTA PALU

MIFRIANA (2021) PENGARUH METODE BERCERITA TERHADAP KETERAMPILAN BERBICARA ANAK DI KELOMPOK B1 TK MELATI TONDO KECAMATAN MANTIKULORE KOTA PALU. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.

Full text not available from this repository.

Abstract

Mifriana 2016 " Pengaruh Metode Bercerita Terhadap Keterampilan Berbicara anak Di Kelompok B1 TK Melati Tondo Kecamatan Mantikulore Kota Palu". Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing (1) : Besse Nirmala.

Permasalahan dalam penelitian ini adalah keterampilan berbicara anak belum berkembang sesuai harapan. Metode penelitian adalah metode kuantitatif eksperimen. Penelitian ini dilaksanakan di kelompok B1 TK Melati Tondo Kecamatan Mantikulore Kota Palu tahun ajaran 2019/2020. Subyek penelitian berjumlah 16 anak. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan analisis data, maka dapat diketahui terjadi peningkatan keterampilan berbicara anak dari pengamatan dalam semua aspek mampu dalam menyebutkan kosa kata, mengajukan pertanyaan, menjawab pertanyaan, dan menceritakan kembali. Data rekapitulasi sebelum penelitian diperoleh rata-rata yaitu, terdapat 9% anak dalam kategori berkembang sangat baik (BSB), 17% anak dalam kategori berkembang sesuai harapan (BSH), 21% anak dalam kategori mulai berkembang (MB), dan 53% anak dalam kategori belum berkembang (BB). Dan pengamatan setelah diberi perlakuan diperoleh rata-rata yaitu, terdapat 19% anak dalam kategori berkembang sangat baik (BSB), 39% anak dalam kategori berkembang sesuai harapan (BSH), 25% anak dalam kategori mulai berkembang (MB), dan 17% anak dalam kategori belum berkembang (BB). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa metode bercerita berpengaruh terhadap keterampilan berbicara anak di kelompok B1 TK Melati Tondo Kecamatan Mantikulore Kota Palu. Berdasarkan hasil data perhitungan uji t diperoleh nilai t_hitung ? t_tabel (7.613 ? 1.75305), dan nilai signifikansi 0.000 < 0.05 Maka dapat disimpulkan bahwa H_o ditolak dan H_1 diterima, yang berarti terdapat pengaruh metode bercerita terhadap keterampilan berbicara anak di Kelompok B1 TK Melati Tondo Kecamatan Mantikulore Kota Palu.
Kata kunci : Metode Bercerita, Keterampilan Berbicara Anak

Item Type: Thesis (Sarjana)
Commentary on: Eprints 0 not found.
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
SWORD Depositor: Users 0 not found.
Depositing User: Users 0 not found.
Date Deposited: 22 Jan 2025 07:16
Last Modified: 06 Feb 2025 07:14
URI: https://repository.untad.ac.id/id/eprint/127745
Baca Full Text: Baca Sekarang

Actions (login required)

View Item
View Item