Pengaruh Metode Bermain Peran Terhadap Kedisiplinan Anak Kelompok B TK Tunas Rimba

ELGIYANA ARRUAN (2023) Pengaruh Metode Bermain Peran Terhadap Kedisiplinan Anak Kelompok B TK Tunas Rimba. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.

Full text not available from this repository.

Abstract

ELGIYANA ARRUAN(2022). “Pengaruh Metode Bermain Peran Terhadap
Kedisiplinan Anak Kelompok B TK Tunas Rimba”. Skripsi, Progam Studi
Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Jurusan Ilmu Pendidikan,
Universitas Tadulako. Pembimbing : Pembimbing I Andi Agusniatih dan
Pembimbing II Fitriana.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah kedisiplinan anak yang berkembang
sesuai harapan. Sehubungan dengan permasalahan tersebut, penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh metode bermain peran terhadap
kedisiplinan anak. Jenis penelitian yang digunakan adalah Eksperimen Deskrptif,
adapun subjek penelitian seluruh anak didik dikelmpok B2 TK Tunas Rimba yang
berjumlah; 17orang anak terdiri dari 7 laki-laki dan 10 perempuan. Teknik
pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Analisis data dilakukan dengan teknik presentase. Berdasarkan hasil penelitian
dari 17 anak yang menjadi subjek penelitian, terdapat 4 anak atau ( 23,52% ) yang
masuk kategori Sangat Tinggi ( ST ), 9 anak ( 52,94%) yang dalam kategori
Tinggi (T), 4 anak (23,52%) yang masuk dalam kategori Sedang (S) dan (0%)
yang masuk dalam kategori Rendah (R) dalam disiplin dalam menaati aturan
sekolah. Untuk kategori disiplin dalam bertanggung jawab terdapat 7 anak atau (
41,17% ) yang masuk kategori Sangat Tinggi( ST ), 8 anak ( 47,05%) yang dalam
kategori Tinggi (T), 2 anak (11,76%) yang masuk dalam kategori Sedang (S) dan
(0%) yang masuk dalam kategori Rendah (R) dalam disiplin dalam menaati aturan
sekolah. Simpulan ini dapat dilihat dari hasil rekaptulasi data perkembangan anak,
sebelum diberi perlakuan dan sesudah diberi perlakuan. Dengan di terapkan
metode bermain peran dapat mempengaruhui kedisiplinan perkembangan
kedisiplinan anak.
Kata Kunci : Pengaruh Bermain Peran, Kedisiplinan Anak.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Commentary on: Eprints 0 not found.
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
SWORD Depositor: Users 0 not found.
Depositing User: Users 0 not found.
Date Deposited: 22 Jan 2025 07:16
Last Modified: 06 Feb 2025 07:14
URI: https://repository.untad.ac.id/id/eprint/127757
Baca Full Text: Baca Sekarang

Actions (login required)

View Item
View Item