PENGARUH METODE BERMAIN PERAN TERHADAP PERKEMBANGAN BAHASA ANAK PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI KELOMPOK B TK NURUL YAQIIN PALU

SITI RAMADHAN USMAN (2022) PENGARUH METODE BERMAIN PERAN TERHADAP PERKEMBANGAN BAHASA ANAK PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI KELOMPOK B TK NURUL YAQIIN PALU. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.

Full text not available from this repository.

Abstract

Masalah utama dalam penelitian ini adalah perkembangan bahasa anak yang belum berkembang sesuai harapan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh metode bermain peran terhadap perkembangan bahasa anak di kelompok B TK Nurul Yaqiin Palu. Metode penelitian yang digunakan yaitu kuantitatif, jenisnya eksperimen. Subjeknya 15 anak, yang terdiri dari 7 anak lakilaki dan 8 anak perempuan, terdaftar tahun ajaran 2021/2022. Pengumpulan data dilakukan melalui teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Data dianalisis dengan teknik presentase. Data sebelum diberikan perlakuan pada menyebutkan kosa kata (13,33%) BSB, (26,67%) BSH, (26,67%) MB, dan (33,34%) BB. Aspek menjawab pertanyaan (13,33%) BSB, (20%) BSH, (33,34%) MB, dan (33,34%) BB. Aspek menceritakan kembali isi cerita (13,33%) BSB, (13,33%) BSH, (40%) MB, dan (33,34%) BB. Hasil pengamatan sesudah diberikan perlakuan pada aspek menyebutkan kosa kata (60%) BSB, (20%) BSH, (20%) MB, dan (0%) BB. Aspek menjawab pertanyaan terdapat (26,67%) BSB, (40%) BSH, (20%) MB, dan (13,33%) BB. Aspek menceritakan kembali isi cerita terdapat (46,67%) BSB, (26,67%) BSH, (20%) MB, dan (6,67%) BB, yang berarti terdapat pengaruh
metode bermain peran terhadap perkembangan bahasa anak di kelompok B TK Nurul Yaqiin Palu.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Commentary on: Eprints 0 not found.
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
SWORD Depositor: Users 0 not found.
Depositing User: Users 0 not found.
Date Deposited: 22 Jan 2025 07:16
Last Modified: 06 Feb 2025 07:14
URI: https://repository.untad.ac.id/id/eprint/127774
Baca Full Text: Baca Sekarang

Actions (login required)

View Item
View Item