Pengaruh Metode Brainstorming Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas V Di SD Inpres Bumi Sagu

SANDRA PUTRI WAHYUNISA (2023) Pengaruh Metode Brainstorming Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas V Di SD Inpres Bumi Sagu. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan metode brainstorming terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran matematika kelas V di SD Inpres Bumi Sagu. Desain penelitian menggunakan One- Group Pretest-Posttest Design dengan sampel siswa kelas V B SD Inpres Bumi Sagu yang berjumlah 18 orang. Pengambilan data menggunakan instrument soal pilihan ganda yang memuat indikator berpikir kritis dengan analisis data menggunakan uji Paired Sample T-test berbantuan program SPSS versi 16. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan pada indikator mengenal dan memecahkan masalah 47,22; indikator menganalisis 33,33; indikator mengevaluasi 30,55; dan indikator menyimpulkan 18,51. Berdasarkan hasil uji-t menggunakan uji Paired Sampel T-test diperoleh nilai sig.(2-tailed) sebesar 0,000<0,05. Maka Hipotesis Ha diterima dan Ho ditolak, artinya metode brainstorming pada mata pelajaran matematika materi bangun ruang berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas V SD Inpres Bumi Sagu.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Commentary on: Eprints 0 not found.
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
SWORD Depositor: Users 0 not found.
Depositing User: Users 0 not found.
Date Deposited: 22 Jan 2025 07:16
Last Modified: 06 Feb 2025 07:14
URI: https://repository.untad.ac.id/id/eprint/127781
Baca Full Text: Baca Sekarang

Actions (login required)

View Item
View Item