TRI DEA SARI (2023) PENGARUH METODE DEMONSTRASI TERHADAP PERKEMBANGAN NILAI AGAMA DAN MORAL ANAK PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI KELOMPOK B TK ISLAM TUNAS HARAPAN LELUMPANG PASANGKAYU SUL-BAR. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK
Tri Dea Sari (2023). Pengaruh Metode Demonstrasi Terhadap Perkembangan Nilai
Agama dan Moral di Kelompok B TK Islam Tunas Harapan Lelumpang Pasangkayu
Sul-Bar. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini,
Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas
Tadulako, Pembimbing I Andi Agusniatih dan pembimbing II Sita Awalunisah
Permasalahan yang terdapat dalam penelitian ini adalah perkembangan nilai agama
dan moral anak yang belum berkembang sesuai harapan. Penelitian ini bertujuan
untuk mengetahui pengaruh metode demonstrasi terhadap perkembangan nilai agama
dan moral anak. Metode penelitian ini adalah Penelitian Kuantitatif Eksperimen.
Adapun subjek penelitian adalah anak kelompok B TK Islam Tunas Harapan
Lelumpang yang berjumlah 20 orang pada tahun ajaran 2021/2022. Teknik
pengumpulan data dikumpulkan melalui observasi, dan dokumentasi. Pengelolaan
data dilakukan dengan teknik persentase dan uji t (paired samples tests). Data hasil
rekapitulasi pengamatan perkembangan nilai agama dan moral anak sebelum
diberikan perlakuan berupa metode demonstrasi, dalam empat aspek yang telah
diamati, tidak diperoleh rata-rata pada kategori BSB, kategori BSH sebanyak 26%,
kategori MB 39%, dan kategori BB 35%. Setelah diberikan perlakuan berupa metode
demonstrasi, dari hasil rekapitulasi pengamatan perkembangan nilai agama dan moral
anak sesudah diberikan perlakuan berupa metode demonstrasi, dalam empat aspek
yang telah diamati rekapitulasinya diperoleh rata-rata pada kategori BSB 20%,
kategori BSH 37,5%, kategori MB 35?n 7.5?lam kategori BB. Berdasarkan
hasil data perhitungan uji t diperoleh niali thitung ? ttabel (9.579 ? 1729) dan nilai
signifikan 0.000 < 0.05 maka dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima,
yang berarti terdapat pengaruh metode demonstrasi terhadap perkembangan nilai
agama dan moral anak di kelompok B TK Islam Tunas Harapan Lelumpang
Pasangkayu Sul-Bar.
Kata Kunci : Metode Demonstrasi ; Perkembangan Nilai Moral dan Agama Anak
Usia Dini
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Commentary on: | Eprints 0 not found. |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini |
SWORD Depositor: | Users 0 not found. |
Depositing User: | Users 0 not found. |
Date Deposited: | 22 Jan 2025 07:16 |
Last Modified: | 06 Feb 2025 07:14 |
URI: | https://repository.untad.ac.id/id/eprint/127799 |
Baca Full Text: | Baca Sekarang |