ARUL (2021) PENGARUH METODE DRILLTERHADAP KEMAMPUAN MENGGAMBAR PERMULAAN SISWA DI KELAS 2 SDN2 BINANGGA. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.
Full text not available from this repository.Abstract
AnakusiadiniAnak usia dini sedang dalam tahap pertumbuhan dan
perkembangan, baik fisik maupun mental yang sangant pesat, Hal ini dapat
mempengaruhi hasil belajar siswa menjadi rendah. Kondisi yang sama juga terjadi
pada siswa Kelas 2 di SDN 2 Binangga. Upaya yang bisa dilakukan adalah
pembelajaran yang kreatif dan inovatif, guna meningkatkan hasil belajar
terhadapkemampuanMenggambarpermulaansiswa, melihat manfaat menggambar
yang dipelajari dengan menghubungkannya dengan dunia nyata yang sesuai dengan
pengalaman belajarnya, salah satunya Model Pembelajaran strategi Berbasis Masalah.
Tujuan penelitian adalah untuk meningkatkan
kemampuansiswamenggambarpermulaanmelaluimetode drill, serta mengetahui
kemampuan pengelolaan guru dalam pembelajaran pada siswa Kelas 2 di SDN 2
Binangga.Penelitian ini dilaksanakan dua siklus dan berakhir di siklus II karena
dinyatakan telah berhasil, siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan,
observasi, dan refleksi. Subjek penelitian siswa Kelas 2 di SDN 2 Binanggaberjumlah
16 siswa, terdiri dari 9 laki-laki dan 7 perempuan. Hasil analisis tes dilakukan pada
siklus II, diketahui dari 16 orang siswa yang mengikuti tes hanya 3 orang siswa yang
tidak tuntas sehingga persentase ketuntasan belajar klasikal mencapai
89,28%.Peningkatan hasil belajar ini tersebut telah mencapai indikator yang
ditetapkan yaitu KBK>85%, sedangkan daya serap klasikal mencapai 71,25%yang
juga telah mencapai indikator yang ditetapkan yaitu DSK>70%. Berikut ini adalah
uraian peningkatan hasil analisis tes hasil belajar dari siklus I ke siklus II. Siklus I
ketuntasan belajar klasikal 53,28% meningkat menjadi 89,28% pada tindakan siklus II
serta persentase ketuntasan daya serap individu pada siklus I 61,42% meningkat
menjadi 71,25% pada siklus II pada proses pembelajaran
MenggambarPermulaanDenganMenggunakanMetode Drill.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Commentary on: | Eprints 0 not found. |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
SWORD Depositor: | Users 0 not found. |
Depositing User: | Users 0 not found. |
Date Deposited: | 22 Jan 2025 07:16 |
Last Modified: | 06 Feb 2025 07:14 |
URI: | https://repository.untad.ac.id/id/eprint/127807 |
Baca Full Text: | Baca Sekarang |