PENGARUH METODE EKSPERIMEN PADA MATA PELAJARAN IPA TERHADAP KREATIVITAS BELAJAR SISWA SD INPRES PINOTU

FEBRIYANTI PRATIWI (2022) PENGARUH METODE EKSPERIMEN PADA MATA PELAJARAN IPA TERHADAP KREATIVITAS BELAJAR SISWA SD INPRES PINOTU. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK
Febriyanti Pratiwi, (2021) Pengaruh Metode Eksperimen pada Mata Pelajaran IPA
Terhadap Kreativitas Belajar Siswa SD Inpres Pinotu. Skripsi, Program Studi
Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan
Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing Rizal S.Pd.,M.Pd
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kreativitas belajar
siswa pada mata pelajaran IPA di SD Inpres Pinotu dengan menggunakan metode
eksperimen. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Penelitian yang
digunakan adalah quasy eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh
siswa SD Inpres Pinotu. Sampel dari penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Inpres
Pinotu yaitu 33 orang. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan
rubrik penilaian kreativitas, observasi dan dokumentasi. Uji hipotesis menggunakan
uji-t (t test). Hasil perhitungan thitung = 6,38 lebih besar dari ttabel = 1,69. Dengan
demikian, hipotesis yang menyatakan ada pengaruh metode eksperimen pada mata
pelajaran IPA terhadap kreativitas belajar siswa SD Inpres Pinotu “diterima”. Dari
hasil penelitian diatas, maka dapat diketahui bahwa metode eksperimen pada mata
pelajaran IPA berpengaruh terhadap kreativitas belajar siswa SD Inpres Pinotu.
Kata Kunci : metode eksperimen, Pembelajaran IPA, tes kreativitas belajar

Item Type: Thesis (Sarjana)
Commentary on: Eprints 0 not found.
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
SWORD Depositor: Users 0 not found.
Depositing User: Users 0 not found.
Date Deposited: 22 Jan 2025 07:16
Last Modified: 06 Feb 2025 07:14
URI: https://repository.untad.ac.id/id/eprint/127808
Baca Full Text: Baca Sekarang

Actions (login required)

View Item
View Item