AFIFAH (2024) PENGARUH METODE EKSPERIMEN TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V SDN 5 LABUAN. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK
Afifah, (2024). Pengaruh Metode Eksperimen Terhadap hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SDN 5 Labuan. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas keguruan dan ilmu pendidikan, Universitas Tadulako. Dosen Pembimbing Azizah, S.Si.,M.Pd.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Metode Eksperimen Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan eksperimen menggunakan metode Quasi Eksperimen dengan desain Pretest-Posttest Control Group Design. Subjek pada penelitian adalah siswa kelas V SDN 5 Labuan yang berjumlah 22 orang. Siswa kelas eksperimen berjumlah 11 orang dan siswa kelas kontrol berjumlah 11 orang. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu soal pilihan ganda untuk mengukur hasil belajar IPA siswa. Analisis data menggunakan uji prasyarat yaitu uji normalitas, uji homogenitas, serta pengujian uji hipotesis menggunakan uji independen sampel t-test berbantuan program SPSS statistic versi 26. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan nilai signifikansi 0,00 < 0,05 maka menerima hipotesis Ha dan menolak Ho. Artinya metode eksperimen berpengaruh saat digunakan dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Jadi dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh saat menggunakan metode ekperimen terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V SDN 5 Labuan.
Kata kunci : Metode Eksperimen, Hasil Belajar, Mata Pelajaran IPA
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Commentary on: | Eprints 0 not found. |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
SWORD Depositor: | Users 0 not found. |
Depositing User: | Users 0 not found. |
Date Deposited: | 22 Jan 2025 07:16 |
Last Modified: | 06 Feb 2025 07:14 |
URI: | https://repository.untad.ac.id/id/eprint/127809 |
Baca Full Text: | Baca Sekarang |