Pengaruh Metode Eksperimen Terhadap Kreativitas Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPA Di SDN 1 Marantale

NURHALIZA (2022) Pengaruh Metode Eksperimen Terhadap Kreativitas Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPA Di SDN 1 Marantale. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.

Full text not available from this repository.

Abstract

Nurhaliza, (2021). Pengaruh Metode Eksperimen terhadap Kreativitas Belajar Siswa pada Pembelajaran IPS di SDN 1 Marantale. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing: Rizal.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kreativitas belajar siswa pada mata pelajaran IPS di SDN 1 Marantale dengan menggunakan metode eksperimen. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Penelitian yang digunakan adalah quasy eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SDN 1 Marantale. Sampel dari penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 1 Marantale yaitu 33 orang. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan rubrik penilaian kreativitas, observasi dan dokumentasi. Uji hipotesis menggunakan uji-t (t test). Hasil perhitungan thitung = 6,38 lebih besar dari ttabel = 1,69. Dengan demikian, hipotesis yang menyatakan ada pengaruh metode eksperimen pada mata pelajaran IPS terhadap kreativitas belajar siswa SDN 1 Marantale “diterima”. Dari hasil penelitian diatas, maka dapat diketahui bahwa metode eksperimen pada mata pelajaran IPS berpengaruh terhadap kreativitas belajar siswa SDN 1 Marantale.
Kata Kunci : Metode eksperimen, Pembelajaran IPS, Tes Kreativitas Belajar

Item Type: Thesis (Sarjana)
Commentary on: Eprints 0 not found.
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
SWORD Depositor: Users 0 not found.
Depositing User: Users 0 not found.
Date Deposited: 22 Jan 2025 07:16
Last Modified: 06 Feb 2025 07:14
URI: https://repository.untad.ac.id/id/eprint/127810
Baca Full Text: Baca Sekarang

Actions (login required)

View Item
View Item