PENGARUH METODE KERJA KELOMPOK TERHADAP PERILAKU SOSIAL ANAK DI KELOMPOK B TK AL-KHAIRAAT BOYA BALIASE

SENI KURNIA (2023) PENGARUH METODE KERJA KELOMPOK TERHADAP PERILAKU SOSIAL ANAK DI KELOMPOK B TK AL-KHAIRAAT BOYA BALIASE. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.

Full text not available from this repository.

Abstract

Masalah dalam Penelitian ini adalah perilaku sosial anak yang belum berkembang sesuai harapan. Sehubungan dengan masalah tersebut, sudah dilakukan penelitian yang bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh metode kerja kelompok terhadap perilaku sosial anak. Dengan menggunakan metode kuantitatif jenisnya adalah eksperimen. Penelitian ini dilakasanakan dikelompok B TK Al-khairaat Boya Baliase. Subyeknya berjumlah 15 anak, terdiri dari 8 laki-laki dan 7 perempuan. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara instrument penelitian, dokumentasi, selanjutnya dianalisis dengan teknik presentase. Data sebelum perlakuan menyebutkan aspek tolong menolong kategori Berkembang Sangat Baik 6,66%, kategori Berkembang Sesuai Harapan,13,33% kategori Mulai berkembang, 13,33?n kategori Belum Berkembang 66,66%. Pada aspek kerja sama kategori Berkembang Sangat Baik 6,66%, kategori Berekembang Sesuai Harapan 20%, kategori Mulai Berkembang 13,33%, dan kategori Belum Berkembang 60%. Pada aspek disiplin belum terdapat kategori Berkembang Sangat Baik, kategori Berkembang Sesuai Harapan 13,33%, kategori Mulai Berekembang 20?n kategori Belum Berkembang 66,66%. Selanjutnya data sesudah perlakuan, pada aspek tolong menolong kategori Berkembang Sangat Baik 13,33%, kategori Berkembang Sesuai Harapan 53,33%, kategori Mulai Berkembang 26,66%, dan kategori Belum Berkembang 6,66%. Pada aspek kerja sama Kategori Berkembang Sangat Baik 13,33%, kategori Berkembang Sesuai Harapan 60%, kategori Mulai Berkembang 20%, dan kategori Belum Berkembang 6,66%. Pada aspek disiplin kategori Berkembang Sangat Baik 13,33%, kategori Berkembang Sesuai Harapan 46,66%, kategori Mulai Berkembang 33,33%, dan kategori Belum Berkembang 6,66%. Maka disimpulkan bahwa ada pengaruh metode kerja kelompok terhadap perilaku sosial anak terbukti ada peningkatan kemampuan perilaku sosial anak, pada aspek tolong menolong, kerja sama dan disiplin kategori Berkembang Sangat Baik 13,33%, kategori Berkembang Sesuai Harapan 53,33?n pada kategori Mulai Berkembang 26,66%.

Kata Kunci: Metode Kerja Kelompok, Perilaku Sosial Anak

Item Type: Thesis (Sarjana)
Commentary on: Eprints 0 not found.
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
SWORD Depositor: Users 0 not found.
Depositing User: Users 0 not found.
Date Deposited: 22 Jan 2025 07:16
Last Modified: 06 Feb 2025 07:14
URI: https://repository.untad.ac.id/id/eprint/127821
Baca Full Text: Baca Sekarang

Actions (login required)

View Item
View Item