PENGARUH METODE PEMBELAJARAN BERBASIS KASUS (Case Based Learning) TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA DI SMAN 2 MORI ATAS

FENDI BERKRIS (2022) PENGARUH METODE PEMBELAJARAN BERBASIS KASUS (Case Based Learning) TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA DI SMAN 2 MORI ATAS. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.

Full text not available from this repository.

Abstract

Fendi Berkris Ruagawe (2021) . “Pengaruh Metode Pembelajaran berbasis
kasus (Cased Based Learning) Terhadap Motivasi Belajar Siswa di SMA 2 Mori
Atas”. Program Studi S1 Pendidikan Geografi,Jurusan Pendidikan Ilmu
Pengetahuan Sosial, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas
Tadulako, Pembimbing Zumrotin Nisa?.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada Pengaruh Metode
Pembelajaran Berbasis Kasus (Case Based Learning) Terhadap Motivasi Belajar
Siswa di SMAN 2 Mori Atas. Jenis penelitian quasi eksperimen dengan tehnik
Time series design. Pengumpulan data menggunakan tehnik tes dan non tes.
Berdasarkan hasil penelitian pada kelas eksperimen dengan 17 siswa sebagai
sampel penelitian memiliki tingkat motivasi sangat tinggi yaitu terdapat 2 siswa
atau 11,76 %, yang tergolong tinggi ada 8 siswa atau 47,05 %, dan 5 orang
tergolong sedang atau 29,41% sedangkan yang tergolong rendah ada 2 siswa atau
11,76%. Penilaian hasil belajar sebelum menggunakan metode case base learning
dan setelah menggunakan case base learning yang hasilnya yaitu rata-rata nilai
pretest 28.23 dan posttest 78.03. dengan demikian terdapat peningkatan hasil
belajar setelah melakukan metode pembelajaran case base learning .Berdasarkan
hasil analisis pada uji hipotesis yang dilakukan dengan menggunakan aplikasi
SPSS 25 diperoleh hasil bahwa nilai signifikan lebih kecil dari 0.05 yaitu
0.000<0>2.145, sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa metode pembelajaran
berbasis kasus (case based learning) berpengaruh signifikan terhadap motivasi
belajar siswa di SMAN 2 Mori Atas dengan demikian hipotesis H0 ditolak dan Ha
diterima.
Kata Kunci: Metode Pembelajaran, Pembelajaran Berbasis Kasus, Motivasi
belajar.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Commentary on: Eprints 0 not found.
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Geografi
Library of Congress Subject Areas > L Pendidikan > Pendidikan Geografi
SWORD Depositor: Users 0 not found.
Depositing User: Users 0 not found.
Date Deposited: 22 Jan 2025 07:16
Last Modified: 06 Feb 2025 07:14
URI: https://repository.untad.ac.id/id/eprint/127834
Baca Full Text: Baca Sekarang

Actions (login required)

View Item
View Item