Pengaruh Metode Pembelajaran Peer Tutoring Berbantuan Media Alat Peraga Sederhana Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Parigi Tengah

PUTRI MUSDALIFA APRIYANI (2021) Pengaruh Metode Pembelajaran Peer Tutoring Berbantuan Media Alat Peraga Sederhana Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Parigi Tengah. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN
Putri Musdalifa Apriyani, 2021. Pengaruh Metode Pembelajaran Peer Tutoring Berbantuan Media Alat Peraga Sederhana Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Parigi Tengah. Program Studi Pendidikan Fisika, Jurusan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing: Drs. H. Muhammad Ali, M.Si.
Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya Pengaruh Metode Pembelajaran Peer Tutoring Berbantuan Media Alat Peraga Sederhana Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Parigi Tengah. Jenis penelitian ini merupakan eksperimen kuasi dengan desain the non equivalen pretest-posttest desaign. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MIPA SMA Negeri 1 Parigi Tengah. Teknik Sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah proposive sampling dengan sampel penelitian adalah kelas X MIPA 1 (n=22) sebagai kelompok eksperimen dan kelas X MIPA 2 (n=19) sebagai kelompok kontrol. Instrumen yang digunakan berupa tes hasil belajar dalam bentuk soal pilihan ganda yang telah divalidasi dan diuji cobakan. Berdasarkan hasil pengolahan data, diperoleh rerata skor post-test kelas eksperimen sebesar 15,90 dan kelas kontrol sebesar 11,31. Analisis data dilakukan dengan tekhnik statistic uji-t dua pihak. Hasil analisis dipeoleh nilai thitung = 5,59. Nilai ttabel = t(0,05)(39) = 2,04 pada taraf nyata ? = 0,05 dan dk = (n1 + n2 – 2) = 22 + 19 -2 = 39. Hal ini berarti, nilai thitung berada diluar daerah penerimaan H0 sehingga H1 diterima . Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh metode pembelajaran peer tutoring berbantuan media alat peraga sederhana terhadap hasil belajar siswa kelas X SMA Negeri 1 Parigi Tengah.
Kata Kunci : Peer Tutoring, Alat Peraga Sederhana, Hasil Belajar Siswa.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Commentary on: Eprints 0 not found.
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika
Library of Congress Subject Areas > L Pendidikan > Pendidikan Fisika
SWORD Depositor: Users 0 not found.
Depositing User: Users 0 not found.
Date Deposited: 22 Jan 2025 07:16
Last Modified: 06 Feb 2025 07:14
URI: https://repository.untad.ac.id/id/eprint/127838
Baca Full Text: Baca Sekarang

Actions (login required)

View Item
View Item