Pengaruh Metode Pembelajaran Talking Stick Terhadap Hasil Belajar Siswa Tentang Biologi Di SMP Negeri 1 Ampana Kota

MARTAVINA YUSTINA PALA (2022) Pengaruh Metode Pembelajaran Talking Stick Terhadap Hasil Belajar Siswa Tentang Biologi Di SMP Negeri 1 Ampana Kota. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menilai pengaruh metode pembelajaran talking stick terhadap hasil belajar siswa tentang biologi di SMP Negeri 1 Ampana Kota. Jenis penelitian ini yaitu eksperimen semu(quasy experimental) dengan desain penelitian control group posstest-only design. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas VII E dan VIII E sebagai kelas eksperimen dan kelas VII F dan VIII F sebagai kelas pembanding, dengan jumlah keseluruhan sampel yang digunakan yaitu 80 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu purposive sampling. Hasil belajar siswa diperoleh dari tiga aspek yaitu aspek afektif, aspek psikomotorik, dan aspek kognitif. Hasil rata-rata dari aspek kognitif, pada kelas eksperimen diperoleh 83.62 sedangkan pada kelas pembanding sebesar 70.75. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji statistik parametrik (uji-t). Setelah dilakukan analisis data, diperoleh nilai t tabel 1.68 pada kelas VII dan VIII sedangkan nilai t hitung pada kelas VII 7.86 dan kelas VIII 5.47. Hal inj menunjukan bahwa nilai t hitung berada diluar daerah penerimaaan H0, dengan demikian H0 ditolak dan H1 diterima. Dengan kata lain hasil ini menyatakan bahwa terdapat pengaruh metode pembelajaran talking stick terhadap hasil belajar siswa tentang biologi di SMP Negeri 1 Ampana Kota

Item Type: Thesis (Sarjana)
Commentary on: Eprints 0 not found.
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Library of Congress Subject Areas > L Pendidikan > Pendidikan Biologi
SWORD Depositor: Users 0 not found.
Depositing User: Users 0 not found.
Date Deposited: 22 Jan 2025 07:16
Last Modified: 06 Feb 2025 07:14
URI: https://repository.untad.ac.id/id/eprint/127839
Baca Full Text: Baca Sekarang

Actions (login required)

View Item
View Item