PENGARUH METODE PEMBERIAN TUGAS MEWARNAI GAMBAR TERHADAP KREATIVITAS ANAK DI TK DARMA WANITA WUASA KECAMATAN LORE UTARA KABUPATEN POSO

MULTIWI (2023) PENGARUH METODE PEMBERIAN TUGAS MEWARNAI GAMBAR TERHADAP KREATIVITAS ANAK DI TK DARMA WANITA WUASA KECAMATAN LORE UTARA KABUPATEN POSO. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK
Masalah dalam penelitian ini yaitu masih rendahnya kreativitas anak di kelompok
BI, B2 TK Darma Wanita Wuasa, Kecamatan Lore Utara Kabupaten Poso. Tujuan
penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh kegiatan metode pemberian tugas
mewarnai gambar terhadap kreativitas anak di TK Darma Wanita. Desain
penelitian yang digunakan adalah “One Groups Pre-tes post-test Design” dengan
jenis penelitian eksperimen. Subjek penelitian ini adalah anak di kelompok B1,
B2 TK Darma Wanita, berjumlah 15 anak yang terdiri dari 6 anak laki-laki dan 9
anak perempuan. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi,
wawancara dan dokumentasi. Pengelolaan data dilakukan dengan teknik
persentase dan uji t (paired sample t-test). Berdasarkan dari hasil analisis data
tentang kreativitas anak dari hasil rekapitulasi sebelum perlakuan dalam tiga
aspek yang diamati diperoleh data rata-rata persentase kategori berkembang
sangat baik (BSB) 6.66%, kategori berkembang sesuai harapan (BSH) 15,55%,
kategori mulai berkembang (MB) 42.22?n kategori belum berkembang (BB)
35,55%. Sedangkan hasil pengamatan sesudah perlakuan menunjukkan presentase
hasil rata-rata kategori berkembang sangat baik (BSB) 39.99%, kategori
berkembang sesuai harapan (BSH) 33.33%, kategori mulai berkembang (MB)
19.99?n kategori belum berkembang (BB) 6,66%. Berdasarkan hasil
pengamatan sebelum dan sesudah perlakuan maka dapat disimpulkan bahwa
kegiatan mewarnai gambar dapat mempengaruhi kreativitas anak di kelompok
B1, B2 TK Darma Wanita Wuasa Kecamatan Lore Utara Kabupaten Poso.
Berdasarkan hasil data perhitungan uji t di peroleh nilai thitung ? ttabel (9.738 ?
1,761), dan nilai signifikan 0,000 < 0,05. Maka dapat disimpulkan bahwa H0
ditolak dan H? diterima, yang berarti terdapat pengaruh metode pemberian tugas
mewarnai gambar terhadap kreativitas anak di Kelompok B1 TK Darma Wanita
Wuasa Kecamatan Lore Utara Kabupaten Poso.
Kata Kunci : Metode Pemberian Tugas,Mewarnai Gambar,Kreativitas, Anak
Usia Dini, Eksperimen

Item Type: Thesis (Sarjana)
Commentary on: Eprints 0 not found.
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
SWORD Depositor: Users 0 not found.
Depositing User: Users 0 not found.
Date Deposited: 22 Jan 2025 07:16
Last Modified: 06 Feb 2025 07:14
URI: https://repository.untad.ac.id/id/eprint/127841
Baca Full Text: Baca Sekarang

Actions (login required)

View Item
View Item