PENGARUH METODE PROBLEM SOLVING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA DI SMP NEGERI 1 MOMUNU KABUPATEN BUOL

REGINA TRIANA PUTRI (2024) PENGARUH METODE PROBLEM SOLVING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA DI SMP NEGERI 1 MOMUNU KABUPATEN BUOL. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.

Full text not available from this repository.

Abstract

Regina Triana Putri, 2024. “Pengaruh Metode Problem Solving Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA di SMP Negeri 1 Momunu Kabupaten Buol”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Biologi Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing (1) Amiruddin Kasim (2) Manap Trianto.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh metode Pembelajaran Problem Solving terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA di SMP Negeri 1 Momunu. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu (Quasy Eksperiment) dengan membentuk dua kelompok subjek penelitian yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Desain penelitian yang digunakan adalah Nonequivalent Control Groups Design. Populasi dalam penelitian yaitu seluruh kelas VIII. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Purposive Sampling dengan instrumen penelitian menggunakan tes tertulis pilihan ganda. Sampel dalam penelitian ini yaitu kelas VIII A dan kelas VIII B. Jenis data dalam penelitian berupa data primer yang didapatkan dari hasil pengisian pretest dan posttest. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji hipotesis (Uji t). Data perolehan Posttest rata-rata kelas eksperimen dan kelas kontrol yaitu pada kelas eksperimen sebesar 80,22 sedangkan pada kelas kontrol sebesar 74,77. Hasil analisis data penelitian dengan uji t yang berbantuan aplikasi SPSS versi 29 dengan nilai Sig. (two sided p) sebesar 0.034 < 0.05, dengan demikian Ho ditolak dan Ha diterima yang artinya ada pengaruh metode pembelajaran Problem Solving terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA di SMPN 1 Momunu.
Kata Kunci: Metode Pembelajaran, Problem Solving, Hasil Belajar.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Commentary on: Eprints 0 not found.
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Library of Congress Subject Areas > L Pendidikan > Pendidikan Biologi
SWORD Depositor: Users 0 not found.
Depositing User: Users 0 not found.
Date Deposited: 22 Jan 2025 07:16
Last Modified: 06 Feb 2025 07:14
URI: https://repository.untad.ac.id/id/eprint/127851
Baca Full Text: Baca Sekarang

Actions (login required)

View Item
View Item