PENGARUH METODE RESITASI DALAM MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATERI KALOR DAN PERPINDAHANNYA PADA KELAS VII SMP NEGERI 3 BULAGI

LIAN KRISTINA SIDANI (2020) PENGARUH METODE RESITASI DALAM MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATERI KALOR DAN PERPINDAHANNYA PADA KELAS VII SMP NEGERI 3 BULAGI. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.

Full text not available from this repository.

Abstract

Lian Kristina Sidani, 2019. Pengaruh Metode Resitasi dalam Model Pembelajaran Kooperatif Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Materi Kalor dan Perpindahannya pada Kelas VII SMP Negeri 3 Bulagi. Skripsi Program Studi Pendidikan Fisika Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tadulako. Pembimbing (I) Dr. H. Amiruddin Hatibe, M.Si, pembimbing (II) I Wayan Darmadi, S.Si., M.Pd
Kata Kunci : Model Pembelajaran Kooperatif, Metode Resitasi, Hasil Belajar.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh metode resitasi dalam model pembelajaran kooperatif untuk meningkatkan hasil belajar materi kalor dan perpindahannya pada siswa kelas VII SMP Negeri 3 Bulagi. Jenis penelitian ini merupakan eksperimen kuasi. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VIIA dan VIIB SMP Negeri 3 Bulagi. Teknik pengambilan sampel adalah sampling purposive. Kelas VIIA sebagai kelas eksperimen dan kelas VIIB sebagai kelas kontrol. Instrument tes hasil belajar berupa tes hasil pilihan ganda yang telah divalidasi oleh validator. Berdasarkan hasil pengolahan data, nilai n-gain pada kelas eksperimen diperoleh sebesar 45,97% yang termasuk dalam kategori sedang. Kemudian untuk kelas kontrol, nilai n-gain diperoleh sebesar 33,43% yang juga termasuk dalam kategori sedang. Hasil ini menunjukan bahwa hasil belajar fisika di kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan di kelas kontrol (lebih meningkat). Hasil perhitungan statistik dari uji perbedaan rata-rata menggunakan uji-t dua pihak diperoleh thitung > ttabel (thitung = 4,22 dan ttabel = 2,02 ) pada taraf signifikan 5 ?n dk = 45, dengan demikian H0 ditolak dan H1 diterima, sehingga dikatakan ada pengaruh metode resitasi dalam model pembelajaran kooperatif untuk meningkatkan hasil belajar materi kalor dan perpindahannya.

?

Item Type: Thesis (Sarjana)
Commentary on: Eprints 0 not found.
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika
Library of Congress Subject Areas > L Pendidikan > Pendidikan Fisika
SWORD Depositor: Users 0 not found.
Depositing User: Users 0 not found.
Date Deposited: 22 Jan 2025 07:16
Last Modified: 06 Feb 2025 07:14
URI: https://repository.untad.ac.id/id/eprint/127852
Baca Full Text: Baca Sekarang

Actions (login required)

View Item
View Item