PENGARUH METODE STORYTELLING TERHADAP KEMAMPUAN MENYIMAK DAN BERBICARA ANAK DI KELOMPOK B TK NEGERI PEMBINA PALU

NISRINA FADHILLAH (2020) PENGARUH METODE STORYTELLING TERHADAP KEMAMPUAN MENYIMAK DAN BERBICARA ANAK DI KELOMPOK B TK NEGERI PEMBINA PALU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_master' not defined] thesis, Universitas Tadulako.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK

Nisrina Fadhillah. A 112 18 010. 2020. Pengaruh Metode Storytelling Terhadap Kemampuan Menyimak dan Berbicara Anak di Kelompok B TK Negeri Pembina Palu. Tesis, program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia, Program Pascasarjana, Universitas Tadulako. Pembimbing: (1) I Gusti Ketut Alit Suputra (2) H. Gazali Lembah.
Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan pengaruh metode storytelling terhadap: (1) kemampuan menyimak, dan (2) kemampuan berbicara anak di kelompok B TK Negeri Pembina Palu. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen, dengan sasaran anak kelompok B di TK Negeri Pembina Palu. Subjek penelitian sebanyak 40 anak, terdiri atas 20 anak sebagai kelompok eksperimen dan 20 anak sebagai kelompok kontrol yang ditentukan dengan teknik purposive sampling. Kelompok eksperimen diberikan perlakuan metode storytelling, sedangkan kelompok kontrol diberi perlakuan metode ceramah. Instrumen pengumpulan data adalah lembar observasi. Data penelitian ini diperoleh dari hasil observasi pada saat sebelum dan sesudah pembelajaran. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dan diuji dengan statistik uji-t untuk melihat perbedaan antara kelompok eksperimen dengan kelompok kontrol.
Hasil penelitian: Pertama, ada pengaruh yang signifikan dari metode storytelling terhadap kemampuan menyimak anak di kelompok B di TK Negeri Pembina Palu. Nilai signifikansi sebesar 0,020. Kedua, ada pengaruh yang signifikan dari metode storytelling terhadap kemampuan berbicara anak. Nilai signifikansi sebesar 0,011. Hasil tersebut menunjukkan bahwa metode storytelling berpengaruh terhadap kemampuan menyimak dan berbicara anak di kelompok B TK Negeri Pembina Palu.

Kata Kunci: Metode Storytelling, Kemampuan Menyimak, Kemampuan Berbicara.

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_master' not defined])
Commentary on: Eprints 0 not found.
Divisions: Pascasarjana > Magister Pend. Bhs. Indonesia
SWORD Depositor: Users 0 not found.
Depositing User: Users 0 not found.
Date Deposited: 22 Jan 2025 07:16
Last Modified: 06 Feb 2025 07:14
URI: https://repository.untad.ac.id/id/eprint/127858
Baca Full Text: Baca Sekarang

Actions (login required)

View Item
View Item