PENGARUH MOBILE LEARNING MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PAIKEM TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI SMAN 1 TINOMBO SELATAN

ROHANA (2024) PENGARUH MOBILE LEARNING MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PAIKEM TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI SMAN 1 TINOMBO SELATAN. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh mobile learning menggunakan model pembelajaran PAIKEM terhadap hasil belajar siswa kelas XII IPA di SMAN 1 Tinombo Selatan. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XII IPA SMAN 1 Tinombo selatan, sampel penelitian ini diambil dua kelas yaitu kelas XII IPA 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XII IPA 2 sebagai kelas kontrol yang masing-masing berjumlah 30 siswa. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini yaitu instrumen tes berupa pilihan ganda. Hasil penelitian menunjukan skor rata-rata pretest kelas eksperimen dan kelas kontrol 61.2 dan 61 sedangkan untuk skor rata-rata posttest kelas eksperimen dan kelas kontrol masing-masing 83.6 dan 78.5. Berdasarkan hasil analisis data melalui uji t terhadap data posttest diperoleh thitung 2.44 dan ttabel 2.00 hal ini menunjukkan adanya pengaruh mobile learning menggunakan model pembelajaran PAIKEM terhadap hasil belajar siswa pada materi listrik dinamis di SMAN 1 Tinombo Selatan.
Kata kunci : Media mobile learning, Model PAIKEM, Hasil belajar

Item Type: Thesis (Sarjana)
Commentary on: Eprints 0 not found.
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika
Library of Congress Subject Areas > L Pendidikan > Pendidikan Fisika
SWORD Depositor: Users 0 not found.
Depositing User: Users 0 not found.
Date Deposited: 22 Jan 2025 07:16
Last Modified: 06 Feb 2025 07:14
URI: https://repository.untad.ac.id/id/eprint/127872
Baca Full Text: Baca Sekarang

Actions (login required)

View Item
View Item