NURLINDA SARI (2021) PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN MEDIA KONKRIT TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV SDN INPRES 1 TOLAI. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.
Full text not available from this repository.Abstract
Nurlinda Sari, 2020. Pengaruh Model Discovery Learning berbantuan Media Konkrit Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV SDN Inpres 1 Tolai. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pemdidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing Azizah, S.Si.M.Pd.
Kata Kunci:Discovery Learning, Media Konkrit, Hasil Belajar
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Discovery Learning berbantuan media konkrit terhadap hasil belajar IPA siswa kelas IV SD Inpres 1 Tolai. Metode yang digunakan adalah eksperimen kuasi dengan the equivalent pretest-posttest design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Inpres 1 Tolai. Teknik pengambilan sampel adalah purposive sampling. Kelas IV A sebagai kelas eksperimen dan kelas IV B sebagai kelas control. Instrumen hasil belajar berupa tes pilihan ganda yang telah divalidasi melalui validasi ahli dan validasi item tes. Rata-rata tes akhir yang mengikuti model Discovery learning 7,29 Dengan standar deviasi 1,083 dan rata-rata yang mengikuti model Konvensional adalah 5,96 dengan standar deviasi 1,160. Hasil perhitungan statistic dari pengujian hipotesis menggunakan uji-t didapatkan nilai signifikan dengan taraf 5% yaitu 0,000<0,05 , disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model Discovery Learning berbantuan Media Konkrit terhadap Hasil belajar IPA siswa kelas IV SD Inpres 1 Tolai.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Commentary on: | Eprints 0 not found. |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
SWORD Depositor: | Users 0 not found. |
Depositing User: | Users 0 not found. |
Date Deposited: | 22 Jan 2025 07:16 |
Last Modified: | 06 Feb 2025 07:14 |
URI: | https://repository.untad.ac.id/id/eprint/127898 |
Baca Full Text: | Baca Sekarang |