PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN MEDIA KONKRIT TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV SDN INPRES 1 TOLAI

NURLINDA SARI (2021) PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN MEDIA KONKRIT TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV SDN INPRES 1 TOLAI. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.

Full text not available from this repository.

Abstract

Nurlinda Sari, 2020. Pengaruh Model Discovery Learning berbantuan Media Konkrit Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV SDN Inpres 1 Tolai. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pemdidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing Azizah, S.Si.M.Pd.
Kata Kunci:Discovery Learning, Media Konkrit, Hasil Belajar
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Discovery Learning berbantuan media konkrit terhadap hasil belajar IPA siswa kelas IV SD Inpres 1 Tolai. Metode yang digunakan adalah eksperimen kuasi dengan the equivalent pretest-posttest design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Inpres 1 Tolai. Teknik pengambilan sampel adalah purposive sampling. Kelas IV A sebagai kelas eksperimen dan kelas IV B sebagai kelas control. Instrumen hasil belajar berupa tes pilihan ganda yang telah divalidasi melalui validasi ahli dan validasi item tes. Rata-rata tes akhir yang mengikuti model Discovery learning 7,29 Dengan standar deviasi 1,083 dan rata-rata yang mengikuti model Konvensional adalah 5,96 dengan standar deviasi 1,160. Hasil perhitungan statistic dari pengujian hipotesis menggunakan uji-t didapatkan nilai signifikan dengan taraf 5% yaitu 0,000<0,05 , disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model Discovery Learning berbantuan Media Konkrit terhadap Hasil belajar IPA siswa kelas IV SD Inpres 1 Tolai.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Commentary on: Eprints 0 not found.
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
SWORD Depositor: Users 0 not found.
Depositing User: Users 0 not found.
Date Deposited: 22 Jan 2025 07:16
Last Modified: 06 Feb 2025 07:14
URI: https://repository.untad.ac.id/id/eprint/127898
Baca Full Text: Baca Sekarang

Actions (login required)

View Item
View Item